PA Jember Bukan Jual Surat ?!


Drs. Khamimudin, MH

JEMBER, SMN - Tempat paling ramai selain pasar dan tidak pernah sepi dari pengunjung adalah Pengadilan Agama Jember.Ini bisa dilihat setiap dari jumlah  perkara yg sidangkan sehari rata-rata 80 s/d 120 kasus. Dalam setiap bulannya rata rata menghasilkan kurang lebih 500 janda dan duda baru. Posisi ini menempatkan Pengadilan Agama Jember menduduki ranking ke-4 sejawa timur dalam kasus perceraian.Fakta lapangan perceraian sebagian besar ternyata sangat diminati pasangan-pasangan muda.
Drs. Khamimudin MH, Humas dan juga Hakim Pengadilan Agama Jember  hukumam ygmenjelaskan bahwa untuk tahn 2012 hingga bulan September ini sudah menyidangkan sebanyak 4200 lebih perkara perceraian sehingga untuk tahun 2012 ini angka perceraian di Jember bisa dibilang meningkat.
Walaupun demikian dengan tegas Drs. Khamimudin MH, bahwa itu bukan jual surat melainkan tempat menyelesaikan masalah-masalah hukum perkawinan, kewarisan dan perwakafan.
Banyaknya terjadi perceraian salah satunya adalah bahwa untuk menggugat cerai dan diceraikan ada 8 alasan: 1) Salah satu pihak berbuat zina atau menjadi pemabuk,penjudi dan lain sebagainya yang sulit disembuhkan. 2) Salah satu pihak meninggalkan pihak lain selama 2 tahun berturut-turut tanpa izin dan alasan yang sah atau karena hal lain diluar kemampuannya. 3) Salah satu pihak mendapat hukuman penjara 5 (lima) tahun atau lebih berat. 4) Salah satu pihak melakukan kekejaman atau penganiayaan berat yang membahayakan pihak lain. 5) Karena cacat badan atau penyakit dengan akibat tidak dapat melakukan kewajiban sebagai suami atau istri. 6) Antara suami istri terus-menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan untuk hidup rukun. 7) Suami melanggar taklik talak. 8)Peralihan agama atau mustad yang menyebabkan ketidak rukunan. Dengan alasan tersebut seseorang sudah bisa bercerai dan diceraikan. (JK/RMB/DIK)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "PA Jember Bukan Jual Surat ?!"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA