Halal Bihalal BKPH Pace Kabupaten Nganjuk



NGANJUK, SMN - Mohon di maafkan dari hati. Demikianlah ungkapan dari acara Halal Bihalal.yang digelar oleh keluarga besar Perum Perhutani BKPH Pace tanggal 4 September 2012. Bertempat di halaman kantor acara tersebut di hadiri oleh Asper Pace ,Mandor, Mantri beserta istri ,dan LMDH wilayah BKPH Pace.
Di awali dengan ceramah rohani oleh Gus Tuk dari Ponpes ds Mlandangan yang menyampaikan dalam acara Halal Bihalal selalu di lambangkan dengan ketupat yang juga mempunyai arti “aku jaluk lepat“ (aku meminta maaf).
Ada lagi makna lain ketupat yang berarti di hari nan fitri ini di cerminkan dengan perilaku 4L. Pertama LUBER yang berarti membuka hati selebar- lebarnya untuk dan meminta maaf dan member maaf. L kedua : LEBUR yang berarti melebur semua kesalahan. Yang ketiga LUBER yang berarti berlebih atau melimpah segala hal yang baik kepada sesama.Sedangkan yang keempat adalah LIBUR untuk segala perilaku yang kurang baik.Sehingga achirnya kita semua kembali ke Fitri.
Sementara Asper Pace Yus Yasso Arafat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada panitia terutama ibu ibu dari BKPH Pace yang sudah bersusah payah menyiapkan acara Halal Bihalal ini juga menyampaikan permintaan maaf kepada semua yang hadir dimana sebagai pimpinan BKPH Pace (yang lebih senang di anggap bapak, teman, saudara) seringkali terjadi kesalah pahaman dan tidak enak hati baik itu terkait dengan kedinasan maupun dalam sikap keseharian. Seperti dalam hal Rolling/mutasi yang terjadi di wilayah Pace, karena yang namanya Rolling/mutasi itu hal biasa di kedinasan. Karena itu dimanapun di tempatkan Asper mengajak untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk mencapai target yang terbaik dalam hidup.
Banyak kendala terjadi di dalam menjalankan tugas apalagi ditempat yang baru dimana perlu adanya penyesuayan bahkan seringkali terasa sangat berat . Karena itu dibutuhkan komitmen yang kuat serta kebersamaan dan kekompakan. Dengan semua itu banyak hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin dan akan tercapai kesuksesan. Target Perhutani tidak bs di capai hanya oleh petugas dari perhutani saja karena antara luas wilayah dan petugas yang ada tidak mencukupi. Karena itu Perhutani merangkul dan sangat memerlukan kerjasama yang baik dengan LMDH .Dengan kerjasama yang solid akan terjadi jalinan simbiosis mutualisme dalam menjaga dan memanfaatkan hutan secara optimal dan sehat.
 Perlu diketahui bahwa acara Halal Bihalal itu hanya ada di Indonesia saja.Awalnya acara ini dilaksanakan oleh Ir Soekarno presiden RI pertama untuk menyelesaikan keruwetan yang melanda Indonesia. Atas perintah seorang Kyai besar dari Jombang dilaksanakanlah acara Halal Bihalal yang achirnya dpt membuat Indonesia kondusif. Tradisi yang sangat baik ini di pelihara dan dilaksanakan hingga sekarang. Kemudian acara dilanjutkan dengan saling berbagi perasaan dan pengalaman diantara RPH se wilayah BKPH Pace.Kemudian di akhiri dengan bermaaf maafan.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Halal Bihalal BKPH Pace Kabupaten Nganjuk"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA