Walikota Himbau Generasi Muda Hormati Orangtua


Ilustrasi

SURABAYA, SMN - Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengingatkan generasi muda akan pentingnya menghormati orang tua. Hal itu diungkapkannya saat membuka rapat kerja (raker) Komisi Daerah Lanjut Usia Kota Surabaya di rumah makan Mahameru, “Menghormati orang tua bukanlah sesuatu yang ketinggalan zaman. Itu hal yang harus dipegang teguh karena merupakan kunci keberhasilan”, kata walikota.

Menurutnya, banyak hal yang patut dicontoh dari figur orang yang sudah lanjut usia terutama tentang kedisiplinan dan prinsip. Ia berharap semangat lansia bisa jadi inspirasi bagi generasi yang lebih muda. “Saya salut terhadap semangat lansia. Kalau senam mereka sudah datang jam lima pagi padahal acara dimulai pukul enam. Nilai-nilai luhur dari lansia inilah yang perlu saya tekankan pada para generasi muda Surabaya”, tandasnya.
Kepala Dinas Sosial Supomo menjelaskan, raker ini dihadiri oleh 46 orang yang terdiri dari unsur pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, lembaga kerohanian, dan lembaga masyarakat. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan wadah bagi lansia agar kegiatan lansia bisa lebih terarah dan terprogram. “Segala bentuk program terkait lansia akan kami bahas dalam raker ini. Semoga apa yang dihasilkan dapat diterapkan secara optimal”, jelas Supomo.
Terkait program lansia di Surabaya, mantan Camat Kenjeran ini menjelaskan, sejauh ini Pemkot telah melakukan sejumlah upaya guna meningkatkan kualitas hidup lansia. Diantaranya, pemberian makanan tambahan (PMT) bagi lansia terlantar, menyelenggarakan senam lansia hingga pemeriksaan kesehatan gratis.
Informasinya, saat ini terdapat sekitar enam ribu lansia terlantar yang setiap harinya mendapatkan fasilitas PMT. Dikatakan Supomo, untuk tahun 2013 mendatang, pihaknya bakal menganggarkan Rp 6.000 per satu porsi makanan. Itu artinya, nominalnya meningkat Rp 2.000 dari sebelumnya yang bernilai Rp 4.000 per porsi. “Dengan adanya kenaikan anggaran, diharapkan kualitas makanan akan lebih baik dan mampu memenuhi kebutuhan lansia”, tuturnya.
Selain itu, Pemkot juga tengah berancang-ancang menambah satu lagi fasilitas bagi kaum lansia. Sebuah panti werda di daerah Medokan Ayu siap dioperasikan dalam waktu dekat. “Panti itu mampu menampung 150 orang. Targetnya tahun ini siap diresmikan”, pungkas Supomo. (mul)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Walikota Himbau Generasi Muda Hormati Orangtua"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA