Pelaksanaan Kurban di SMPN 1 Batu


Penyembelihan hewan kurban
disaksikan oleh Kepala Sekolah

BATU, SMN - Hari raya Idul Adha atau yang disebut sebagai hari raya kurban merupakan hari bersejarah bagi umat Islam, tak terkecuali di lingkungan sekolah SMP Negeri 1 Batu. Semua merayakan Hari Raya Kurban. Dalam menyabut hari raya kurban 1433 H yang jatuh pada tanggal 26 Oktober yang lalu di SMP Negeri 1 Batu dua minggu sebelum hari raya para siswa dihimbau untuk memberikan zakat kurban secara ikhlas. Dan Alhamdulillah pada pelaksanaan hari raya kurban di SMP Negeri 1 Batu bisa terwujud hewan kurban sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Menurut kepala SMPN 1 Batu, Drs. Barokah Santoso, M.ed mengatakan selain sumbangan dari para siswa juga partisipasi orang tua siswa dan partisipasi pendidik, untuk pelaksanaan penyembelaian hewan kurban sengaja di undur di hari Sabtu, hari ini kita lakukan karena takut proses penyembelihan hewan kurban tidak bias selesai karena bertepatan dengan shalat Jum’at. Maka proses penyembelaian hewan kurban dilaksanakan pada hari sabtu dan sekaligus dibagikan kepada siswa dan masyarakat sekitar.
Pembagian daging kurban diberikan kepada masyarakat sebanyak 80 dan untuk siswa yang berhak menerima sebanyak 150 siswa. Untuk pembagian daging kurban bagi siswa yang berhak menerima diwajibkan untuk hadir disekolah sedangkan untuk masyarakat ada panitia kurban dalam hal ini anggota OSIS langsung yang memberikan dengan cara mendatangi rumah yang berhak menerima.
Drs. Barokah Santoso dalam perayaan hari besar ini memaknai agar lebih meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa terlebih pada anak-anak agar bisa mengembangkan hubungan manusia dengan manusia, hablum minannas dan selalu berbagi, pengintregasian nilai karakter keagamaan sekolah berkewajiban kepada para siswa untuk mengembangkan karakter keagamaan/kereligiusan sangat terkait erat dengan pembinaan kesiswaan melalui pengurus OSIS. Karena di pengurus OSIS terdapat sekretariat bidang ketakwaan kepad Tuhan Yang Maha Esa untuk itu juga Drs. Barokah berharap semua bisa lebih memperdalam ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. (ryo)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pelaksanaan Kurban di SMPN 1 Batu"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA