Tulungagung Raih Adipura Kencana


Tulungagung, SMN - Kabupaten Tulungagung akhirnya berhasil meraih penghargaan Adipura Kecana Tahun 2012  (katagori Kota Sedang) dari Pemerintah Pusat, setelah sukses meraih penghargaan Adipura 6 kali secara berturut-turut tanpa putus sejak tahun 2006 silam.
Pemkab Tulungagung melalui Kabag Humas Setda Tulungagung Drs. Suyanto, mengatakan  Pihaknya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,  bahwa Tulungagung berhasil meraih nilai terbaik dan berhak memperoleh penghargaan Adipura Kencana  pada 5 Juni 2012, Bupati Tulungagung Ir. Heru Tjahjono, MM  diundang Presiden RI  ke Istana Negara untuk menerima penghargaan  tersebut.

Penghargaan ini, lanjut Drs. Suyanto, spesial diberikan kepada semua warga Tulungagung yang sudah bahu-membahu dan bekerja keras membersihkan lingkungan sekitarnya., "Karena itu, terima kasih kepada semua warga yang sudah bersama-sama dan sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan," tutur Suyanto”.
Untuk mendapatkan Adipura Kencana tahun ini lebih berat dibandingkan untuk mendapatkan piala Adipura, Penilaian Adipura hanya terfokus pada masalah pengelolaan kebersihan lingkungan dan penghijauan, sedangkan untuk penilaian Adipura Kecana lebih dari itu yaitu Daerah harus mampu melakukan terobosan berkaitan dengan Pengelolaan Lingkungan,
Drs. Suyanto juga menjelaskan, bahwa kelebihan warga Tulungagung dalam kegiatan sadar lingkungan diakui sebagai faktor utama dalam meraih penghargaan Adipura Kencana 2012 tersebut. Dalam hal kebersihan Pemerintah Kabupaten Tulungagung tidak main-main. Salah satu program yang menjadi andalan Kabupaten Tulungagung adalah Kampoeng Bersih di setiap tingkat RT/RW dan kelurahan. Dengan program ini seluruh masyarakat kota Tulungagung memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungannya dan membuat tiap penjuru kota Tulungagung benar-benar bersih.
Selain Kampoeng Bersih, ada beberapa faktor yang menunjang keberhasilan dalam meraih Adipura, diantaranya adalah: 1) Penghijauan tepi jalan kota dengan menggunakan pohon trembesi, di mana tanaman tersebut merupakan pohon yang paling bagus menyerap Karbon Dioksida (CO2). 2) UPT Pengujian Kendaraan Bermotor, Dishubkominfo telah menguji emisi semua kendaraan Dinas dari seluruh SKPD yang ada di Pemerintah Kabupaten Tulungagung. 3) Terciptanya kawasan Terminal Penumpang yang selalu bersih dan sehat. 4) Selalu menjaga kebersihan sarana publik, misalnya: pasar, rumah sakit, jalan, dan taman kota.
Dijelaskannya, Kabupaten Tulungagung telah mendapatkan piala adipura sebanyak 6 kali secara berturut-turut bahkan sebagian memperoleh nilai tertinggi se Indonesia dengan katagori kota sedang. Sekarang Warga Tulungagung bisa menjadikan pengelolaan kebersihan menjadi sebuah budaya yang memasyarakat. "Sekali lagi, terima kasih kepada warga Tulungagung. Kemenangan ini, kemenangan kita semua," papar Kabag Humas Setda Tulungagung.
Program Adipura adalah program kerja Kementerian Lingkungan Hidup, yang berlingkup nasional dalam rangka mewujudkan kota yang berwawasan lingkungan. Dengan program tersebut diharapkan mampu mendorong pemda kabupaten/kota dan masyarakat dalam mewujudkan kota yang berwawasan lingkungan melalui penerapan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik di bidang pengelolaan lingkungan hidup. (dian)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Tulungagung Raih Adipura Kencana"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA