Peningkatan Pelayanan Warnai HUT PDAM Kabupaten Malang Ke-31


Malang, SMN - Hari Jadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang yang ke-31 tahun 2012 kental dengan nuansa inovasi serta penambahan beragam pelayanan. Diantaranya adalah proyek-proyek pembangunan kantor baru, pengoptimalisasian sumber air yang akan lebih merata sampai inovasi teranyar sistem pembayaran secara on line melalui kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia dan Bank Bukopin. Seluruh proyek tersebut diresmikan secara langsung oleh Bupati H. Rendra Kresna bersama Sabtu (9/6) lalu di Kantor PDAM Kab. Malang.

Sejak didirikannya tahun 1979, PDAM terus melakukan pembenahan diberbagai lini. Utamanya adalah untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan penambahan sumber-sumber baru maupun lebih mengembangkan sumber yang ada termasuk peningkatan kualitas SDM. Bupati mengungkapkan keberhasilan langkah BUMD ini adalah berkat kerja keras dari berbagai pihak maupun stake holder. “Di usia yang dewasa ini, keberhasilan PDAM adalah berkat kerja keras semua pihak yang selalu ingin meningkatkan kualitas dan pelayanan,” ujarnya yang juga didampingi Wabup H. A. Subhan.
Banyaknya sumber-sumber lain yang masih belum tergarap juga dikatakan bupati agar nantinya dikelola dengan baik. Karena kebutuhan akan air bersih saat ini masih tinggi, terlebih bukan hanya untuk warga kabupaten saja tetapi juga disekitar Kab. Malang. “Manfaatkan itu, karena semakin banyak masyarakat yang membutuhkan air,” sambungnya. Bupati dan jajarannya juga berkomitmen agar masyarakat dapat terlayani air bersih dan ditahun 2015 ditargetkan sudah sampai 60 % sesuai dengan MDG’s 2015.
Disisi lain, keberhasilan ini menurut bupati sepatutnya juga harus diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan yang sesuai bagi seluruh karyawan PDAM. Tetapi, Rendra juga berharap nantinya ada peningkatan kinerja agar pelayanan bisa tambah baik lagi.
Menurut Direktur Utama PDAM H. Adro’i, sampai saat ini berbagai upaya pembenahan saluran serta penambahan sumber baru terus ditingkatkan. Begitu pula untuk pelayanan pembayaran yang saat ini akan bisa lebih mudah di akses di dua kantor yakni PT Pos Indonesia serta Bank Bukopin. Dijelaskan Adro’i, tahun ini, pendapatan PDAM sudah mencapai Rp. 40.797.109.472 M dan direncanakan pada RAP menjadi Rp. 53.237.850.685 M. Untuk jumlah pelayanan, sampai dengan Desember tahun lalu, telah ada 74.752 sambungan rumah terlayani dari target 79.755 sambungan. Sedangkan sampai dengan Mei lalu saja, sudah mencapai 76.636 sambungan.
Dari jenis layanan, tambah Adro’I, pada 2010 lalu tercover sebesar 27,24%, lalu 2011 28,15%. Dan inovasi terbaru, PDAM kini tengah menggandeng dua pihak untuk pembayaran secara online. “Untuk kemudahan pelayanan pembayaran secara online, kita kerjasama dengan Bank Bukopin dan Kantor Pos yang akan ditandatangani hari ini,” katanya. Disamping itu, para pelanggan juga bisa mengakses info tagihan melalui layanan website.
Dalam menyambut HUT PDAM ini, beragam gelaran lomba olahraga serta pemberian layanan dan santunan juga ada. Untuk olahraga Bulu Tangkis, prestasi atlit-atlit PDAM sangat baik. Diantaranya adalah juara 2 antar instansi beregu yang diselenggarakan KONI Jatim, kemudian juara 1 beregu serta ganda dewasa di ITS serta menyabet juara 1, 2 dan 3 di Bupati Cup tahun 2012. Lomba gerak jalan internal juga telah dilaksanakan pada Minggu lalu (3/6). Serta pemberian subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebesar Rp. 300.000 dari Rp. 800.000. Jadi, masyarakat cukup membayar Rp. 500.000 saja untuk mendaftar saluran pipa baru. Bukan itu saja, pembangunan sarana baru seperti kantor dan sumber air juga berbarengan diresmikan seperti penyediaan saluran baru di Pagak. (Jun)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Peningkatan Pelayanan Warnai HUT PDAM Kabupaten Malang Ke-31"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA