Peningkatan Pelayanan Warnai HUT PDAM Kabupaten Malang Ke-31
Posted in |
Malang, SMN - Hari Jadi Perusahaan
Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Malang yang ke-31 tahun 2012 kental dengan
nuansa inovasi serta penambahan beragam pelayanan. Diantaranya adalah
proyek-proyek pembangunan kantor baru, pengoptimalisasian sumber air yang akan
lebih merata sampai inovasi teranyar sistem pembayaran secara on line melalui
kerjasama dengan Kantor Pos Indonesia dan Bank Bukopin. Seluruh proyek tersebut
diresmikan secara langsung oleh Bupati H. Rendra Kresna bersama Sabtu (9/6) lalu
di Kantor PDAM Kab. Malang.
Sejak
didirikannya tahun 1979, PDAM terus melakukan pembenahan diberbagai lini.
Utamanya adalah untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan penambahan
sumber-sumber baru maupun lebih mengembangkan sumber yang ada termasuk
peningkatan kualitas SDM. Bupati mengungkapkan keberhasilan langkah BUMD ini
adalah berkat kerja keras dari berbagai pihak maupun stake holder. “Di usia
yang dewasa ini, keberhasilan PDAM adalah berkat kerja keras semua pihak yang
selalu ingin meningkatkan kualitas dan pelayanan,” ujarnya yang juga didampingi
Wabup H. A. Subhan.
Banyaknya
sumber-sumber lain yang masih belum tergarap juga dikatakan bupati agar
nantinya dikelola dengan baik. Karena kebutuhan akan air bersih saat ini masih
tinggi, terlebih bukan hanya untuk warga kabupaten saja tetapi juga disekitar
Kab. Malang. “Manfaatkan itu, karena semakin banyak masyarakat yang membutuhkan
air,” sambungnya. Bupati dan jajarannya juga berkomitmen agar masyarakat dapat
terlayani air bersih dan ditahun 2015 ditargetkan sudah sampai 60 % sesuai
dengan MDG’s 2015.
Disisi
lain, keberhasilan ini menurut bupati sepatutnya juga harus diimbangi dengan
peningkatan kesejahteraan yang sesuai bagi seluruh karyawan PDAM. Tetapi, Rendra
juga berharap nantinya ada peningkatan kinerja agar pelayanan bisa tambah baik
lagi.
Menurut
Direktur Utama PDAM H. Adro’i, sampai saat ini berbagai upaya pembenahan
saluran serta penambahan sumber baru terus ditingkatkan. Begitu pula untuk pelayanan
pembayaran yang saat ini akan bisa lebih mudah di akses di dua kantor yakni PT
Pos Indonesia serta Bank Bukopin. Dijelaskan Adro’i, tahun ini, pendapatan PDAM
sudah mencapai Rp. 40.797.109.472 M dan direncanakan pada RAP menjadi Rp.
53.237.850.685 M. Untuk jumlah pelayanan, sampai dengan Desember tahun lalu,
telah ada 74.752 sambungan rumah terlayani dari target 79.755 sambungan.
Sedangkan sampai dengan Mei lalu saja, sudah mencapai 76.636 sambungan.
Dari
jenis layanan, tambah Adro’I, pada 2010 lalu tercover sebesar 27,24%, lalu 2011
28,15%. Dan inovasi terbaru, PDAM kini tengah menggandeng dua pihak untuk
pembayaran secara online. “Untuk kemudahan pelayanan pembayaran secara online,
kita kerjasama dengan Bank Bukopin dan Kantor Pos yang akan ditandatangani hari
ini,” katanya. Disamping itu, para pelanggan juga bisa mengakses info tagihan
melalui layanan website.
Dalam
menyambut HUT PDAM ini, beragam gelaran lomba olahraga serta pemberian layanan
dan santunan juga ada. Untuk olahraga Bulu Tangkis, prestasi atlit-atlit PDAM
sangat baik. Diantaranya adalah juara 2 antar instansi beregu yang
diselenggarakan KONI Jatim, kemudian juara 1 beregu serta ganda dewasa di ITS
serta menyabet juara 1, 2 dan 3 di Bupati Cup tahun 2012. Lomba gerak jalan
internal juga telah dilaksanakan pada Minggu lalu (3/6). Serta pemberian
subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebesar Rp. 300.000 dari
Rp. 800.000. Jadi, masyarakat cukup membayar Rp. 500.000 saja untuk mendaftar
saluran pipa baru. Bukan itu saja, pembangunan sarana baru seperti kantor dan
sumber air juga berbarengan diresmikan seperti penyediaan saluran baru di
Pagak. (Jun)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Peningkatan Pelayanan Warnai HUT PDAM Kabupaten Malang Ke-31"
Post a Comment