Bupati Buka Pameran Agrobisnis


Tulungagung, SMN - Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP), menggelar pameran yang bertajuk ‘promosi atas hasil produksi pertanian/perkebunan unggulan daerah (PAHP3UD)  ke XIII tahun 2012. Pameran tersebut dibuka oleh Bupati Tulungagung, Ir. Heru Tjahjono, MM. Kegiatan ini di hadiri Muspida Tulungagung dan juga beberapa kepala SKPD serta peserta pameran.
Pameran sendiri akan berlangsung mulai hari ini (12/6) hingga 16 Juni 2012 di kantor Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP), Wonorejo, Kecamatan Sumbergempol. Sebelum membuka pameran, Heru Tjahjono menyerahkan bantuan langsung kepada masyarakat Rp. 25.000.000,- untuk pembelajaran petani pada 10 kelompok UP FMA di 10 Desa, 10 kecamatan,  bantuan benih sayur untuk pemanfaatan pekarangan (KRPL), bantuan langsung masyarakat  Rp 20.000.000,- untuk sepuluh desa program P2KP, bantuan social Rp. 100 juta untuk program pelaksanaan desa mandiri pangan, dan bantuan beras untuk masyarakat sekitar. 
Dalam sambutannya, Ir. Heru Tjahjono, MM mengatakan, salah satu strategi dalam upaya mempercepat penganekaragaman konsumsi pangan yang berbasis sumber pangan lokal adalah, pameran produk unggulan dan gelar promosi agribisnis. Lebih lanjut Bupati menegaskan bahwa kegiatan promosi hasil pertanian dan perkebunan akan terus dilaksanakan setiap tahunnya.
Promosi atas hasil produksi pertanian/perkebunan unggulan daerah diharapakan, akan ada interaksi antara lembaga penelitian, pencipta teknologi, pengusaha agribisnis, petani dan semua pihak pengguna teknologi, guna pengembangan pembangunan pertanian di Tulung­agung.
Ketua panitia yang juga menjabat sebagai kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Tulungagung Drs. Dewan dalam laporanya  mengatakan,  peserta pameran ini tak hanya berasal dari kota Tulungagung, tapi juga berasal dari kabupaten/kota lainnya. Mereka ini adalah para petani bersama kelompok tani dan gabungan kelompok tani, pelaku agribisnis dan agrobisnis, koperasi petani, dinas/badan/kantor pemerintah yang bergerak di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan, serta perorangan yang bergerak di bidang elektronik, konveksi, alat dan mesin, serta lembaga penelitian. Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 60 peserta. (dian)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bupati Buka Pameran Agrobisnis"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA