Adipura Keenam untuk Lamongan


Lamongan, SMN - Lamongan tahun ini dipastikan kembali meraih Penghargaan Adipura untuk yang keenam kalinya. Recananya, penghargaan ini akan diterima langsung oleh Bupati Fadeli dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 5 Mei mendatang di Istana Negara Jalan Merdeka Timur, Jakarta. Selain Adipura, SMAN 1 Lamongan tahun ini juga dinyatakan sebagai sekolah dengan predikat Adiwiyata Mandiri Nasional.

Berdasarkan surat dari Kementerian Lingkungan Hidup RI nomor B-5665/Dep.IV/LH/PDAL/06/2012, Lamongan secara resmi dinyatakan meraih Penghargaan Adipura tahun 2012. Penyerahaan piala penghargaan akan dilaksanakan pada selasa 5 Juni di Istana Negara Jalan Merdeka Timur mulai pukul 9 pagi.
Disebutkannya, Lamongan meraih Penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil bersama 48 kota kecil lainnya di Indonesia. Di jawa Timur, selain Lamongan, peraih Adipura untuk kategori kota kecil lainnya adalah Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Magetan dan Ponorogo. Sementara penerima lainnya adalah Kota Kayu Agung Kabupaten Ogan Komering Ilir/Sumatera Selatan, Kota Amlapura Kabupaten Karangasem/Bali dan Kota Bangko Kabupaten Merangin/Jambi.
Bapak bupati (Fadeli) menyampaikan terima kasihnya kepada masyuarakat Lamongan yang telah guyup berpartisipasi dalam menciptakan Lamongan yang bersih, hijau dan indah. Partisipasi inilah yang berperan besar dalam sukses Adipura tahun ini ini. Karena diantara sekian poin penilaian, poin untuk partisipasi masyarakat di Lamongan sangat tinggi. Sehingga beliau menyatakan penghargaan ini selayaknya dipersembahkan untuk masyarakat Lamongan.
Terpisah Kepala Badan Lingkungan Hidup menyebutkan, Lamongan mendapat poin akhir 77,83 dalam Adipura kali ini. Poin Lamongan ini adalah yang tertinggi untuk kategori kota kecil se-Indonesia. Dia juga menyebutkan, tahun ini SMAN 1 Lamongan sukses meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional hanya dalam tempo dua tahun keikutsertaan. Sedangkan SMPN 2 Lamongan ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional. Itu sesuai dengan Surat Meneg LH Nomor B-5642/DEPVI/LH/PPM/06/2012 dan nomor Nomor B-5643/DEPVI/LH/PPM/06/2012.
Sementara Program Lamongan Green and Clean (LGC) jilid dua yang menjadi salah satu program unggulan peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan kebersihan dan keindahan telah memasuki fase pengujian akhir oleh tim  independen. Nominator peraih juara dalam LGC masih harus lolos uji oleh tim ini.
Dalam waktu yang tidak terlalu lama ini akan diumumkan siapa saja rukun tetangga (RT) yang terpilih menjadi yang terbaik. Baik untuk katagori perintis, berkembang maupun maju. Pengumumannya sendiri direncanakan sudah akan dilakukan pada awal Juni ini. Hasil penilaian LGC-2 tersebut akan akan dipilih satu RT kelompok berkembang sebagai best of the best, kemudian terbaik dua, terbaik tiga. Selain itu juga terbaik untuk penataan lingkungan, kebersihan
terbaik, yel-yel terbaik, fasilitator kelurahan (faskel) terbaik, dan RT favorit. Sedangkan untuk kelompok RT perintis akan dipilih tiga terbaik. Begitu juga untuk kelompok RT maju, akan dipilih juara satu, dua dan tiga.(fi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Adipura Keenam untuk Lamongan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA