Adipura Dikirab Keliling Se-Kabupaten


Lamongan, SMN - Kirab Piala Penghargaan Adipira tahun ini berlangsung beda dari sebelumnya. Bersama dengan Piala Adiwiyata Mandiri Nasional untuk SMAN 1 Lamongan, piala lambang kebersihan tingkat nasional ini, Kamis pagi (7/6) akan dikirab keliling melewati wilayah 11 kecamatan di Kabupaten Lamongan.

Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni menyebutkan alasan Adipura dan Adiwiyata Mandiri Nasional itu adalah karena piala tersebut sejatinya adalah milik seluruh masyarakat Lamongan. “Bapak Bupati (Fadeli) mulai tahun ini mengirab Adipura keliling Kabupaten Lamongan. Sehingga Adipura dan Adiwiyata ini bisa menjadi kebanggan seluruh masyarakat Lamongan, “kata mantan Camat Glagah tersebut.
Sementara Fadeli dalam sambutannya menyebutkan, tahun ini, Lamongan kembali menerima penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup. Yakni berupa piala adipura ke-VI dengan nilai tertinggi se-Indonesia 77,83 dan Adiwiyata Nasional Mandiri.
Penghargaan ini diberikan kepada Lamongan atas prestasinya menata lingkungan menjadi lebih baik, bersih dan nyaman. Kemudian jalan-jalan di lingkungan, sampai di gang-gang tertata rapi. Ditambah lagi partisipasi masyarakat yang tinggi untuk menata lingkungan. “Penghargaan ini dipersembahkan untuk seluruh jajaran pemerintah daerah, seluruh warga masyarakat, serta seluruh komunitas sekolah seperti guru-guru, para siswa-siswi dan warga sekolah“, kata dia.
Rute kirab dalam kotapun akan berubah. Biasanya rute kirab Adipura akan berakhr di Pendopo Lokatantra, kali ini akan berakhir di SMAN 1 Lamongan sebagai penerima Adiwiyata Mandiri Nasional.
Zamroni menyebutkan, saat di SMAN 1 Lamongan, Piala Adipura dan Adiwiyata Mandiri akan diserahkan Bupati Fadeli kepada Camat Kota Lamongan. Selanjutnya oleh camat, kedua piala ini dikirab menuju Kecamatan Tikung. Kemudian secara estafet oleh masing-masing camat penerima dikirab melewati Kecamatan Mantup, Sambeng dan berakhir pada malam harinya di Kecamatan Ngimbang untuk disemayamkan.
Di hari kedua, keesokan harinya, Adipura dan Adiwiyata Mandiri dikirab oleh Camat Ngimbang menuju wilayah Kecamatan Kedungpring dan diterima camat setempat. Selanjutnya kirab berlanjut menuju Kecamatan Babat, Pucuk, Sukodadi, Turi dan berakhir sekitar jam 7 malam di Kecamatan Deket untuk diserahkan kembali kepada Pemkab Lamongan.
Kirab Adipura ini akan ditutup dengan Pesta Rakyat di Alun-alun Kota Lamongan. Selain akan menampilkan yel-yel dari RT peserta LGC jilid II, juga akan diumumkan oleh dewan juri, RT pemenang LGC tahun ini yang bertema waste lover. (fi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Adipura Dikirab Keliling Se-Kabupaten"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA