Bangkalan Raih Adi Pura


Bangkalan, SMN - Kabupaten Bangkalan meraih Anugerah Adipura. Penyerahan tropi dilakukan Presiden RI, DR H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, kemarin. Pada kesempatan tersebut, Presiden SBY mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan. Serta mengimbau agar mereka terus bekerja keras untuk melestarikan lingkungan hidup di wilayah masing-masing.

Atas keberhasilan Kabupaten Bangkalan meraih anugerah Adipura, Bupati RKH Fuad Amin SPd mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. Serta menyampaikan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat. Karena Adipura bisa diraih berkat doa dan dukungan semua pihak. Mulai DPRD, alim ulama, instansi terkait, perbankan, serta seluruh masyarakat di Kabupaten Bangkalan. “Alhamdulillah karena dukungan semua elemen masyarakat, Kabupaten Bangkalan mendapat anugerah Adipura ke empat kalinya,” kata Orang pertama di Pemkab Bangkalan, Selasa (5/6).
Keberhasilan meraih Adipura tidak lepas dari kepekaan dan strategi pemkab. Khususnya dalam merespons permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di Kota Bangkalan.
Upaya yang dilakukan adalah mengedepankan kebersamaan dalam mengimplementasikan pengelolaan lingkungan hidup perkotaan dengan cerdas, kreatif, inovatif, dan ekologis. Selain itu, mendorong pengelolaan lingkungan perkotaan berbasis masyarakat. “Pemkab sebagai fasilitator memposisikan masyarakat sebagai ujung tombak dalam mengatasi persoalan lingkungan secara mandiri dan berkelanjutan,” terang Bupati.
Langkah lain yang dilakukan dengan melibatkan PKK. Wadah ibu-ibu rumah tangga ini didorong untuk berperan aktif sebagai penggerak masyarakat dalam mengelola sampah dengan metode 3R (reduce, reuse, recycle). Tujuannya agar memiliki nilai ekonomis dan mengurangi sampah dari sumbernya. Serta menjadikan sebagai sampah bioenergi atau biogas.
 “Saya juga mengajak pihak ketiga (stakeholder) untuk berpartisipasi dalam pengelolaan lingkungan melalui pemanfaatan dana CSR. Realisasinya seperti bantuan pot bunga dan tanaman hias. Ada juga bantuan 10.000 bibit pohon untuk penghijauan,” terang nya.
Bupati menegaskan, diraihnya Adipura tahun 2012 bukan menjadi tujuan akhir. Melainkan sebagai motivasi untuk mendorong dan meningkatkan kesadaran bersama terhadap kebersihan, keteduhan dan keindahan agar lebih maksimal. Serta menjadikan budaya bersih, indah, dan kenyamanan lingkungan sebagai pola hidup masyarakat bangkalan. (har)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bangkalan Raih Adi Pura"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA