Adipura Dikirab Keliling Kota


        Mojosari, SMN - Selangkah lagi, Kota Mojosari akan mewujudkan impian untuk meraih Adipura Kencana. Tahun ini, untuk yang keempat kali secara berturut-turut, Kota yang menjadi kebanggaan Kabupaten Mojokerto tersebut mendapat anugrah Piala Adipura. Tatanan Kota Mojosari yang bersih dan teduh menjadi saksi perayaan kirab Piala Adipura pada Kamis, 7 Juni 2012 pukul 14.30 Wib. Rombongan kirab yang terdiri dari Pasukan Kuning, LSM lingkungan, Dinas terkait dan masyarakat, tidak hanya membawa piala Adipura, namun juga mengarak piagam adiwiyata dan penghargaan wahana tata nugraha.
Anugerah adipura diberikan atas komitmen dan tanggung jawab pemerintah daerah beserta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup di perkotaan. Untuk piagam adiwiyata yang diberikan kepada SMAN I Puri dan SDN Kebondalem merupakan wujud penghargaan atas kepedulian warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.
Sedangkan penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan kepada wilayah perkotaan yang mampu melaksanakan program tertib lalu lintas. Sekali lagi, penghargaan ini juga diraih oleh Kota Mojosari.
Rute kirab mengambil start di Kantor Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Mojokerto yang berada di jl. Pemuda Mojosari dengan dilepas oleh Wakil Bupati Mojokerto, Hj. Choirun Nisa, MPd. Dalam sambutannya, Ibu Wakil Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik dari perangkat pemerintah daerah, LSM, serta seluruh warga khususnya di Kecamatan Mojosari dan Pungging. “keberhasilan kita dalam meraih ketiga penghargaan tersebut tidak lepas dari respon,kepedulian, usaha dan kerja keras semua pihak,” tegasnya.
Pada acara pelepasan tersebut, Ibu Wakil Bupati memberikan penghargaan berupa uang pembinaan sebesar 2,5 juta rupiah kepada pasukan kuning, 2 juta rupiah bagi siswa miskin berprestasi di SMAN I Puri, dan 1 juta rupiah untuk siswa miskin berprestasi di SDN Kebondalem.
Iring-iringan yang terdiri dari mobil bak terbuka, bus, dan sepeda motor tersebut kemudian berarak menyusuri jalanan Kota Mojosari. Mulai dari jl. Kusuma Bangsa, Jl. WR. Supratman, Jl. Gajah Mada, Jl. Tribuana Tungga Dewi, Awang-awang, Jl. Adisono, Jl. Diponegoro, Jl.Brawijaya, Jl. Hayam Wuruk, dan akhirnya diterima Bupati Mojokerto, H.Mustofa Kamal Pasa, SE. di Pendopo Kecamatan Mojosari.
Piala Adipura diberikan oleh Pasukan Kuning kepada Bupati Mojokerto yang selanjutnya diberikan kepada Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Hj. Ani Ma’nunah. Sedangkan untuk piagam adiwiyata dari SMAN I Puri disampaikan oleh Kepala Sekolah dan dari SDN Kebondalem oleh salah satu siswa SDN tersebut.
Dalam upacara penerimaan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Ir. Moch. Ardi P.,M.Eng.Sc.,ME., selaku ketua Tim Pembina,melaporkan mengenai maksud dan tujuan, waktu pelaksanaan, proses penilaian, dan teknis pelaksanaan kirab.
“Kirab ini melibatkan kurang lebih 25 mobil terbuka dan tertutup serta iring-iringan sepeda motor yang terdiri dari sekitar 400 peserta dan undangan sebanyak 100 orang,” jelasnya. Ditambahkan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan seluruh warga khususnya Kota Mojosari mengetahui bahwa upaya dan kerja keras yang telah dilakukan bersama telah membuahkan hasil dan memberi kebanggaan, serta motivasi untuk melanjutkan prestasi tersebut di tahun-tahun mendatang.
Selanjutnya, Bupati Mojokerto menghimbau dalam sambutannya, bahwa program adipura dan adiwiyata hanyalah sarana pemacu untuk menciptakan pola budaya yang sehat dan cinta lingkungan. “seiring dengan tema Hari Lingkungan Hidup Tahun ini ‘Ekonomi Hijau: ubah perilaku, tingkatkan kualitas lingkungan’,” jelas Bapak Bupati. Menindaklanjuti penghargaan
Wahana Tata Nugraha, Bupati mengharapkan adanya budaya tertib dalam kehidupan sehari-hari dapat tertanam di hati setiap warga Kabupaten Mojokerto. Sebagai upaya untuk mempertahankan setiap penghargaan tersebut, Bupati mengharapkan agar terus melakukan pembenahan dan evaluasi atas setiap kekurangan yang ada pada saat sekarang. (Bagian PDE-Humas Protokol)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Adipura Dikirab Keliling Kota"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA