Kota Mojosari Kembali Raih Adipura


Mojosari, SMN - Adipura merupakan penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Program adipura bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat mewujudkan kota “bersih dan teduh” (clean and green city) dengan menerapkan prinsip-prinsip good governance (transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas).

Kriteria adipura terdiri dari 2 (dua) indikator pokok, yaitu indikator kondisi fisik dan indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non fisik). Indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota dengan porsi 80% dari total nilai sedangkan indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non fisik) meliputi institusi, manajemen,dan daya tanggap dengan porsi 20% dari total nilai.
Penghargaan adipura ini ada dua macam yaitu berupa piala dan piagam. Untuk memperoleh piala adipura, peserta program harus memiliki nilai ≥ 71. Dengan melalui 4 (empat) tahapan penilaian, pra pantau, pantau 1 (P1), pantau 2 (P2) dan verivikasi. Dan Kabupaten Mojokerto diwakili oleh Kota Mojosari. Pada tahun 2012 ini, memperoleh nilai 74,97 atau meningkat 0,30 dari penilaian tahun 2011.
Ditengah ketatnya kriteria penilaian adipura oleh Tim Penilai dari pusat, kota Kecil Kabupaten Mojokerto ini telah berhasil mendapatkan piala Adipura keempat kalinya secara berturut-turut. Piala adipura ini diserahkan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara jl. Medan Merdeka Timur Jakarta, Selasa, 5 Juni 2012. Penilaian Adipura sendiri menurut Kabag Humas Kabupaten Mojokerto, antara lain dikategorikan tiga tingkatan kota yaitu kota metropolitan, kota sedang dan kota kecil. Kota Mojosari ini masuk pada kategori kota kecil bersama Bojonegoro, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, dan beberapa kota lain.
Lebih lanjut dijelaskan oleh Kabag Humas, bahwa piala adipura ini diterima langsung oleh Bupati Mojokerto H. Mustofa Kamal Pasa, SE., sehingga untuk kegiatan sambang desa di Desa Plososari Kecamatan Puri ditunda menjadi hari Kamis, 7 Juni 2012 siang setelah sambang desa pagi hari di Desa Sumengko Kecamatan Jatirejo. Dan hari ini juga kita terima penghargaan adiwiyata yang diraih oleh SMAN Puri dan SDN Kebondalem Kecamatan Mojosari, pungkasnya.
Selayaknyalah kita berbangga, jika daerah-daerah lain banyak yang tidak mendapat adipura pada tahun ini, kita masih bisa mendapatkannya, kebanggaan ini kita jadikan tonggak untuk tetap bersama-sama menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan kota sehingga kedepan Kota Mojosari akan tetap berkembang dengan kenyamanannya. (Gun/Eko)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Kota Mojosari Kembali Raih Adipura"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA