Sosialisasi Program Pugar 2012


       Bangkalan, SMN - Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kembali melaksanakan program pemberdayaan usaha garam rakyat (pugar). Kemarin, Pemkab Bangkalan melakukan sosialisasi program pugar tahun 2012 di Aula PKP-RI Bangkalan. Acara tersebut dibuka Sekretaris Daerah Drs Saiful Djamal MM mewakili Bupati Bangkalan RKH Fuad Amin SPd.
 “Kegiatan ini merupakan salahsatu strategi pemenuhan kebutuhan garam nasional. Sehingga dapat mengurangi jumlah impor garam. Selain itu, menjadi upaya swasembada garam nasional,” kata Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Sekda.
Dalam acara tersebut dihadiri pimpinan SKPD, camat, kades dan petani garam dan LSM. Hadir pula Kasi Akses Non Bank Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Tely Dasaluti, S.Si, MP.
Pada tahun 2012, Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan mendapatkan program pugar. Di samping itu, Kabupaten Bangkalan juga menerima tugas pembantuan (TP) program pugar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.
 “Kabupaten Bangkalan memiliki lahan garam sekitar 736,9 hektare dengan potensi lahan produksi 115,89 hektare. Pada tahun 2011, lahan garam yang masuk program pugar seluas 75,89 hektare. Sedangkan jumlah petani 180 orang berasal dari tiga kecamatan. Yaitu, di Desa Tlangoh, Tanjung Bumi; Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu dan Desa Tolbuk, Kecamatan Kelampis,” terangnya.
Produksi garam untuk lahan pugar sebesar 2.465 ton. Rinciannya, Kecamatan Tanjung Bumi 2015 ton, Kecamatan Sepulu 180 ton, dan Kecamatan Klampis 270 ton.
Kabupaten Bangkalan, berusaha meningkatkan produksi garam. Caranya, dengan memperluas jumlah lahan garam yang masuk dalam program pugar. Jika tahun 2011 hanya tiga kecamatan dengan jumlah kelompok 18 dengan total 180 petani garam, maka pada 2012 akan menambah dua kecamatan. Yakni Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kwanyar dan Desa Gili Barat, Kecamatan Kamal.
 “Semoga perluasan cakupan lahan dapat meningkatkan jumlah garam yang dihasilkan. Serta dapat meningkatkan kesejahteraan para petani garam di Kabupaten Bangkalan. Dimana, nantinya dapat mencapai swasembada garam yang diharapkan dari program pugar,” harapnya.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangkalan, Drs H Achmad Faji SH MM dalam laporannya mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang kegiatan program pugar kepada sasarannya. Yaitu masyarakat di Kabupaten Bangkalan terutama masyarakat penerima bantuan langsung masyarakat (BLM) program pugar tahun 2012 , aparat kecamatan dan pemangku kepentingan lainnya.
Sosialisasi dimaksudkan untuk menyatukan visi dan misi serta persamaan persepsi program pugar tahun 2012. Peserta sosialisasi berjumlah 61 orang terdiri dari kelompok usaha garam rakyat. (har)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sosialisasi Program Pugar 2012"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA