Launching Pondok Asi bagi Ibu Menyusui


          Jombang, SMN - Peringatan hari ulang tahun Kesatuan Gerak (HKG) PKK di Kabupaten Jombang yang dilaksanakan di Bung Tomo (4/5/2012) ditandai dengan kegiatan seminar persiapan ibu menyusui dan launching Pondok Asi di lingkup pemerintah Kabupaten Jombang. Seminar yang diikuti oleh seluruh kelompok PKK baik di lingkup pemerintah daerah maupun kecamatan memberikan arti pentingnya persiapan bagi ibu untuk menyusui anaknya.
           Hal ini perlu diberikan sosialisasi akan pentingnya ASI, karena tingkat pemberian air susu ibu eksklusif di Indonesia masih rendah. Kondisi ini terjadi di semua daerah dan kelompok ekonomi masyarakat. Rendahnya pengetahuan tentang ASI dan gencarnya informasi susu formula membuat masa depan banyak anak Indonesia dikorbankan.
Penggalangan ASI melalui pencanangan Pondok Asi di Kabupaten Jombang ini sebagai upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat kaum perempuan. Karena telah kita sadari bersama bahwa selama ini kaum ibu agak kesulitan memberi ASI jika berada di tempat publik. Hal ini dikarenakan tidak adanya tempat khusus bagi ibu untuk menyusui dan untuk memerah susu sehingga dengan terpaksa mereka melakukannya di tempat umum. Hal ini seiring dengan amanat UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan serta PP Nomor 33 tahun 2012 tentang pemberian ASI eksklusif. Pemerintah mempunyai tanggung jawab melaksanakan kebijakan nasional ini dan dengan adanya pondok ASI ini diharapkan para ibu dapat leluasa, lebih nyaman dan bebas memberikan ASI pada bayinya.
Ketua Tim Penggerak PKK, dr. Hj. Restu Kurnia Suyanto, dalam laporannya antara lain mengatakan bahwa beberapa poin penting yang berkaitan dengan adanya pondok ASI yaitu setiap ibu melahirkan harus memberi ASI eksklusif kepada bayi yang dilahirkannya, penyelenggara tempat sarana umum harus menyediakan fasilitas untuk menyusui, pemberian kesempata bagi ibu pekerja untuk menyusui bayinya, dan dukungan masyarakat atas keberhasilan program pemberian ASI eksklusif.
Wakil Bupati, Drs. H. Wiidjono Soeparno, MSi., menambahkan akan pentingnya pemberian ASI pada bayi yang baru lahir dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh komponen masyarakat baik pemerintah, swasta dan seluruh elemen masyarakat atas peran sertanya dalam penggalakan ASI melalui pendirian pondok-pondok ASI eksklusif di instansi lain baik instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Pondok ASI di kantor Pemkab Jombang dan Pondok ASI di perusahaan rokok MPS di Ngoro. (Pj)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Launching Pondok Asi bagi Ibu Menyusui"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA