Pengukuhan Ketua Dekranasda Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur

Helmi Yahya bersama para Ketua Dekranasda
Tulungagung, SMN
Pengukuhan Ketua Dekranasda kabupaten/kota se-Jawa Timur oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si, berlangsung pada tanggal 10 Maret 2011 bertempat di gedung Grahadi Surabaya. Pada kesempatan tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung Ibu Gardjati Heru Tjahjono turut serta dikukuhkan.
Dalam pengukuhan ini Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa Jawa Timur mempunyai potensi ekonomi terutama kerajinan yang cukup tinggi dan beraneka ragam. Bahkan pertumbuhan ekonomi Jawa Timur melebihi ekonomi nasional yaitu sebesar 6,7 %.
Pertumbuhan UMKM mencapai 63,5 % dan pertumbuhan tersebut dibarengi dengan keseimbangan sehingga sejalan pertumbuhan ekonomi yang semakin maju. Jumlah IKM Provinsi Jawa Timur mencapai 580.000 dan sebagian sudah mampu menembus pasar luar negeri. Dalam pengukuhan tersebut juga disampaikan kendala-kendala yang dihadapi IKM di Jawa Timur diantaranya: 1) Terjadinya kesenjangan dalam penggunaan teknologi di mana IKM sangat ketinggalan dalam menerapkan teknologi baik dalam produksi dan pemasarannya.  2) Kurang stabilnya dalam menjaga kualitas barang kerajinan yang dihasilkan. 3) Perajin lambat mengikuti tren pasar. 4) Sering terjadi penjiplakan merk-merk terkenal sehingga terjadi pelanggaran hak kekayaan intelektual seperti paten, merk dan desain industri.
Untuk itu disampaikan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, agar Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota mengambil langkah-langkah untuk menggali dan mengembangkan kerajinan-kerajinan khas daerah masing-masing serta terus menggalakkan penggunaan produksi dalam negeri/lokal.
Di samping pengarahan dari Ketua Dekranasda Provinsi Jatim, juga pada kesempatan tersebut disampaikan materi tambahan mengenai keprotokolan oleh biro humas dan protokol Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Personal Branding oleh Helmi Yahya. (dian)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pengukuhan Ketua Dekranasda Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA