Semangat Menjaga Kerukunan Hidup Beragama


Penandatanganan FKUB
Bondowoso, SMN
Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni menggelar pertemuan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama, tokoh agama, kepolisian dan Danramil bertempat di Pendopo Kabupaten Bondowoso, Kamis (10/02/11). Pertemuan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan daya tahan terhadap pengaruh dari luar yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat Bondowoso guna mewujudkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Bondowoso.
Dalam pertemuan yang hangat tersebut Bupati Amin Said Husni menjelaskan tentang pentingnya menjaga kerukunan umat beragama. “Di media massa, baik media cetak maupun elektronik, sedang hangat-hangatnya meliput kerusuhan bermotifkan perbedaan SARA (Suku Agama Ras dan Antar golongan) yang terjadi akhir-akhir ini  di Pandeglang dan Temanggung”, ujarnya. oleh karena perlu adanya ikrar (kesepakatan) yang bertujuan untuk memelihara kerukunan umat beragama di Kabupaten Bondowoso agar terpelihara situasi dan kondisi wilayah secara kondusif.
Dalam ikrar bersama tersebut disebutkan antara lain: 1) Melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat di kabupaten Bondowoso. 2) Menampung aspirasi ormas keagamaan dan inspirasi masyarakat. 3) Menyalurkan aspirasi ormas keagamaan dan masyarakat dalam bentuk rekomendasi sebagai bahan kebijakan Bupati. 4) Melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat.
Disamping itu jajaran pemerintahan dan para tokoh agama serta satuan keamanan dapat melaksanakan tugas untuk memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, membina dan memelihara umat beragama serta menumbuhkembangkan keharmonisan, saling menghormati antar umat beragama di Kabupaten Bondowoso.
Pertemuan tersebut diakhiri dengan penandatanganan  kesepakatan bersama oleh Ketua MUI, KH. Abdul Muiz Turmudzi, Ketua NU, KH. Abdul Kadir Syam, Sekretaris Muhammadiyah, Toni Kasito, Ketua FKUB, Drs. KH. Muhsin Ahmadi, Ketua BAMAG, Pdt. Maringka, Ketua PHDI, I Wayan Sindia SH, Dewan Gereja Katholik, Franstukah, Ketua Walubi, Wiranto, Ketua DPRD,H.  Ahmad Dhofir, Ketua Pengadilan Negeri, H. Primfahrurrozi, SH, MH, Ketua Kajari, Hari Setiyono, SH, Kepala Kapolres, AKBP Boni Djianto, dan Kepala Distrik Militer, Letkol Infantri Kurniawan Firmuzi Syarifudin. (yusi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Semangat Menjaga Kerukunan Hidup Beragama"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA