Monitoring KF oleh TP PKK Kab. Jombang di Kec. Bareng


Monitoring KF & TP PKK
Jombang, SMN
Belajar diwajibkan bukan hanya untuk anak-anak saja, akan tetapi semua orang wajib untuk belajar. Keberadaan Pembelajaran melalui KF di Kecamatan Bareng sangat membantu warga masyarakat yang sudah terlanjur menjadi tua sebelum sempat dapat membaca, menulis dan berhitung. Pada tanggal 10 Februari 2011 di Pendopo Kecamatan Bareng telah dilaksanakan kegiatan monitoring KF oleh Tim Monitoring tingkat Kab. Jombang yang dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh TP PKK Kec. Bareng, Penilik PNFI Kec. Bareng dan 12 KF yang ada di Kecamatan Bareng meliputi Penyelenggara, Tutor dan Warga Belajarnya.
Dalam laporan Ibu Ketua TP PKK Kec. Bareng Ny. Hasan Bisri disampaikan bahwa Kelompok Belajar KF yang ada di Kecamatan Bareng terdiri dari 12 Kelompok Belajar yang ada di Desa Karangan, Banjaragung, Nglebak, Bareng, Mundusewu. Untuk KF program APBD II terdiri dari 5 KF lanjutan yaitu  2 kelompok di Desa Karangan, 2 Kelompok di Desa Banjaragung dan 1 kelompok di Desa Nglebak. Sedangkan untuk program APBD I (BKK) yaitu KF tingkat Dasar meliputi 2 Kelompok di Desa Bareng, 3 Kelompok di Desa Banjaagung, 1 kelompok di Desa Karangan dan 1 kelompok di Desa Mundusewu.Bapak Camat Bareng Drs. Hasan Bisri, M.Si. juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim dari Kabupaten Jombang yang akan melaksanakan pembinaan sekaligus melihat dari dekat perkembangan pelaksanaan KF di Kec. Bareng. Juga ucapan terima kasih kepada TP PKK selaku penggerak dan tutor yang telah sudi dengan ihlas melaksanakan program KF sehingga hasilnya dapat dilihat, contohnya tadi juga bisa menyanyikan banyak lagu.
Juga diharapkan kepada para warga belajar untuk tetap bersemangat dalam belajar, walaupun hujan tetap datang saja agar tutor juga tetap bersemangat untuk datang memberikan pelajaran. Kalau warga belajar semangat, tutor juga semangat maka pasti bisa. Dari kegiatan monitoring yang dilaksanakan oleh Tim Monitoring KF Tingkat Kabupaten Jombang yang dipimpin oleh Ibu Ny. Sumali tersebut dapat diketahui bahwa Keberadaan KF yang ada di 5 Desa di Kecamatan Bareng telah berhasil memberikan pembelajaran kepada sekitar 120 orang sampai bisa membaca, menulis dan berhitung bahkan untuk yang di tingkat lanjutan juga diajarkan tentang ketrampilan membuat berbagai macam menu makanan/minuman diantaranya membuat kue dan jamu yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan suatu usaha yang dapat menghasilkan keuntungan/laba. Selain itu ternyata mereka juga bisa menyanyikan banyak lagu yang terbukti dengan sambutan kepada rombongan tim monitoring dengan banyak lagu yang dinyanyikan secara serempak dan ditambah dengan adanya yel-yel.
Tidak hanya ilmu untuk kepentingan di dunia saja, ilmu untuk kepentingan di akhirat rupanya juga menjadi perhatian dari tutor dengan mengajarkan bacaan-bacaan do’a.
Dari warga belajar yang hadir pada kegiatan tersebut semua adalah kaum ibu kecuali satu orang dari kaum bapak yaitu Bapak Saito dari Dsn. Mojounggul Desa Bareng yang merupakan satu-satunya warga belajar dari kaum bapak. Ini menunjukkan Bapak Saito yang walaupun usianya sudah 79 tahun masih punya semangat untuk belajar yang dapat dicontoh oleh kaum bapak-bapak lainnya yang ingin bisa membaca, menulis, berhitung dan lain-lain ilmu yang diberikan oleh tutor. (Puji)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Monitoring KF oleh TP PKK Kab. Jombang di Kec. Bareng"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA