Dispendukcapil Serahkan DP4 ke KPUD Bangkalan


Bangkalan, SMN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bangkalan kemarin (21/6) menyerahkan Daftar Penduduk Pemilih Pemilu Potensial (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Acara yang dilangsungkan di Aula Pendopo Agung Kabupaten Bangkalan ini dihadiri pula oleh jajaran Muspida, Panita Pengawas, Parpol, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat.

Fauzan Djakfar, S.Ag, Ketua KPUD Bangkalan mengharapkan agar DP4 ini tidak dijadikan ajang masuknya gugatan oleh para kontestan atau Parpol-parpol gabungan nantinya."Marilah kita semua setelah ini (penyerahan DP4 red.) melakukan pemutakhiran data atau verifikasi data ependudukan secara bersama-sama," harap Fauzan.
Berkaca pada pengalaman-pengalaman Pemilukada di tahun-tahun sebelumnya, DP4 ini menjadi sangat rawan masalah. "Bahkan daftar penduduk ini dijadikan pintu masuk untuk menggugat KPUD setempat," ujar Fauzan. Oleh karenanya dia  meminta semua pihak baik dari Parpol, masyarakat, LSM atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya untuk ikut serta dalam upaya verifikasi dan pemuutakhiran data penduduk ini.
Pasalnya jadwal pemutakhiran data penduduk ini hanya berlangsung sekitar 1 (satu) bulan saja terhitung dari tanggal 21 Juni sampai 20 Juli 2012 nanti. "Oleh karenanya dengan keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki KPUD Bangkalan, maka diharapkan semua pihak ikut membantu dan mengawasi jalannya pemutakhiran data penduduk (DP4) ini.
Setelah tahapan pemutakhiran ini usai, maka DP4 ini ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). "Tahapan selanjutnya adalah menetapkan DPS menjadi Daftar pemilih tetap (DPT)," jelas Fauzan.
Bupati Bangkalan, RKH. Fuad Amin, S.Pd, dalam kesempatan lain menngharapkan agar dengan telah diserahkannya DP4 kepada KPUD ini, maka KPUD dapat segera melakukan tahapan-tahapan Pemilukada selanjutnya sehingga pesta demokrasi yang rencananya digelar pada tanggal 12-12-2012 ini dapat terlaksana sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.
Dalam DP4 yang diserahkan Dispendukcapil ini tercatat 1.015.222 orang penduduk sebagai pemilih dalam Pemilukada bangkalan mendatang. "Daftar ini (DP4) menjadi dasar KPUD untuk melakukan pemutahiran data dalam membuat Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Perbaikan, Daftar pemilih Tamabahan hingga Daftar pemilih Tetap (DPT)," jelas Fauzan.
Sebetulnya, menurut Fauzan, tahapan pemuutakhiran data ini tidak perlu dilakukan. "namun KPUD harus sangat berhati-hati dan teliti dalam mmenetapkan daftar pemilih ini mengingat hal ini menjadi perhatian dari masing-masing konntestan dan Partai politik yang akan berlaga di Pemilukada," urai Fauzan.
"Daftar pemilih ini rawan gugatan," cetus Fauzan. Oleh karenanya kami kemudian melakukan pemutakhiran data demi validitas data pemilih sehingga tidak dijadikan pintu masuk gugatan oleh pihak-pihak yang tidak puas nantinya. (har)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Dispendukcapil Serahkan DP4 ke KPUD Bangkalan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA