Abaikan Asas Manfaat Sama Dengan Pemborosan Anggaran


Musi Rawas, SMN - Setiap program pembangunan yang dibuat dan direncanakan oleh Pemerintah termasuk pemerintah daerah haruslah mengacu pada asas manfaat. Hal ini bertujuan agar program pembangunan terutama infrastruktur bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan tidak mubazir.
“Kalau program pembangunan yang mengenyampingkan asas manfaat maka hal tersebut sama dengan pemborosan anggaran,” kata Koordinator Lembaga Independen Penyalur Aspirasi (LIPAS), M.Syahlir Azizi.

Dijelaskannya, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam penyusunan program pembangunan, mislkan menyangkut kemampuan anggaran, sumber daya, temasuk asas yang paling penting adalah mengepankan asas manfaat. Dia, mencontohkan untuk kabupaten Musi Rawas sendiri ada banyak contoh program pembangunan infrastruktur yang dinilai jauh dari asas manfaat mislakan pembangunan pos jaga Plisi pamong Praja di kawasan Agropolitan Center yang hingga kini tidak dipungsikan, pembangunan trotoar di kawasan yang sama terlihat tidak ada perawatan dan sangat jarang digunakan oleh para pejalan kaki karena kawasan tersebut kawasan perkantoran pemerintah bukan tempat atau jalan raya pada umumnya.
“Termasuk adanya pembangunan di desa misalkan kantor desa yang jarang difungsikan, sebab masyarakat lebih sering mengurus berbagai keperluan administrasi di rumah kepala desa, akibatnya kantor kepala desa jarang difungsikan, tentu ini salahsatu bentuk pengabaian asas manfaat,” jelasnya.
Sebagaimanya, sebelumnya dijelaskan oleh kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan asset Daerah (PPKAD) H. Gotri Suyanto yang mengungkapkan bahwa banyak instansi di kabupaten Musi Rawas yang program pembangunannya hanya sebatas semangat untuk membangun sehingga asas manffaatnya sering diabaikan atau terlupakan. “Banyak dari kita ini hanya sebatas semangat untuk membangun sehingga dalam program pembangunan asas manfaatnya dikesampingkan,” demikan ungkapnya. (yudi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Abaikan Asas Manfaat Sama Dengan Pemborosan Anggaran"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA