Sosialisasi Perberasan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Kabupaten Jombang

             Jombang, SMN - Sosialisasi dan koordinasi kebijakan perberasan dalam rangka stabilitas harga pangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat diadakan di Ruang Bung Tomo Pemkab Jombang (10/4) acara tersebut dihadiri Sekda Jombang, Asisten II, kepala Dinas pertanian, Kepala Perum Bulog Subdrive Surabaya Selatan dan juga dihadiri 300 undangan dari elemen masyarakat gapoktan, kelembagaan tani Kabupaten Jombang, mitra kerja perum bulog serta Kepala SKPD dan Camat.

Asisten II, Drs. Hasan, M.si mengawali sambutannya, berharap sosialisasi ini dapat mengurangi permasalahan penanganan pangan khususnya beras yang menjadi makanan pokok penduduk Indonesia karena masyarakat Indonesia masih sedikit yang menggunakan makanan non beras, selain itu sosialisasi ini bertujuan untuk mengambil langkah yang tepat guna membangun ketahanan pangan dalam jangka panjang di Kabupaten Jombang.
Drs. Hasan, M.si juga menghimbau, untuk menghemat beras masyarakat Jombang diharapkan dapat mengganti nasi dengan makanan lainnya. Gerakan makan dan minum non nasi (Gemesi) ini seperti mengganti sarapan yang biasanya dengan nasi diganti dengan tiwul atau ubi. Sehingga konsumsi beras di Jombang bisa berkurang dan dapat membantu kabupaten lain dalam mencukupi kebutuhan pangan.
Ucapan terimakasih juga disampaikan Munif Kusnan, SH. M.Si Sekda Jombang, kepada Perum Bulog Sub Drive Surabaya dan Gapoktan Jombang atas kemitraan yang terjalin selama ini. Kemitraan ini akan memutus rantai perdagangan. Harapannya petani akan bisa mendapatkan untung lebih baik yang selama ini lebih banyak dinikmati oleh para pedagang . Selain itu Bulog juga akan diuntungkan karena selama ini BULOG kesulitan untuk memenuhi target pengadaan pangan. Dan semua pihak supaya bisa menjaga komitmen agar kerjasama terus berlanjut.
Apresiasi juga diungkapkan Kepala Sub Drive Bulog Surabaya Selatan, Karyawa Gunarso, terkait dengan terjalinnya kerjasama melalui Mou antara pemkab Jombang, Gapoktan dan Perum Bulog (Sub Drive Surabaya Selatan), kontrak sebanyak 1000 ton merupakan terbesar se-Indonesia dan Mou kerjasama ini dijadikan contoh kabupaten lain.
Perum Bulog Sub Drive Surabaya Selatan juga menargetkan 109 ribu ton beras untuk tahun 2012 ini. Oleh karena itu, Bulog menjamin hasil panen petani bisa terserap semuanya. Diharapkan Gapoktan di Jombang sebanyak 303 dapat menjalin kerjasama dengan Bulog, karena saat ini gapoktan di jombang yang tergabung masih 28 saja. (Puji)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sosialisasi Perberasan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Kabupaten Jombang"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA