Sekda Sambut Rombongan Study Banding Kabupaten Muara Enim Sumatra


Madiun, SMN - Sekda Kabupaten Madiun Drs Soekardi MSi (Rabu, 4 April 2012) sambut rombongan study banding  Pemerintah Kabupaten Muara Enim Sumatra di ruang rapat Bupati.
Rombongan study banding Kabupaten Muara Enim yang dipimpin oleh asisten perekonomian Setda Muara enim dan didampingi oleh beberapa pimpinan satker terkait, ingin ngangsu kaweruh (menimba pengalaman) tentang pengelolaan dan pengembangan pasar desa.

Dalam sambutannya Sekda Kabupaten Madiun diantaranya menyampaikan bahwa wilayah Kabupaten Madiun yang luasnya kurang lebih 1.010,86 Km2 dengan 15 Kecamatan , 8 Kelurahan dan 198 desa, dengan jumlah penduduk mencapai 770.440 jiwa dengan kepadatan rata-rata 674 jiwa/ Km 2.
Lebih lanjut disampaikan bahwa sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Madiun sebagian besar tinggal di pedesaan , sehingga sesuai potensi daerah yang agraris dan mata pencaharian penduduk sebagian besar bekerja di bidang pertenian, baik sebagai petani penggarap atau buruh tani.
Disampaikan pula bahwa pemerintah Kabupaten Madiun berupaya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui Visi nya “Kabupaten Madiun Sejahtera Tahun 2013“ dan terjabarkan dalam empat misinya diantaranya membangun perekonomian rakyat berbasis Agro dan berwawasan bisnis, mengembangkan system sosial yang dinamis, berkeadilan dan berbudaya. Disamping itu juga mewujudfkan pemerintahan yang demokratis dan terpercaya, meningkatkan daya saing daerah dan kelestarian lingkungan hidup.
Sedangkan untuk mempercepat proses pembangunan dan pencapaian Visi dan Misi, pemerintah Kabupaten Madiun menetapkan prioritas pembangunan meliputin pertanian, kesehatan, pendidikan, ketenaga kerjaan serta keamanan dan kelestarian lingkungan.
Dalam kesempatan yang sama pimpinan rombongan study banding  Asisten perekonomian  setda Muara Enim  HASANUDIN menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan kunjungan ke Kabupaten Madiun, bahwa bertepatan di Kabupaten Muara Enim akan mengadakan pembahasan membuat perda tentang pasar desa. Melalui pengalaman upaya pengembangan pasar desa Kajang yang telah meraih juara tingkat nasional maupun pengembanganya, diharapkan mampu dikembangkan di Muara Enim nantinya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
Digambarkan pula bahwa Kabupaten Muara Enim dengan luas wilayah seluas 9.140,50 Km2 dengan wilayahnya terbagi menjadi 22 Kecamatan, 310 desa dan 16 kelurahan , dengan kondisi topografi daerah cukup beragam dengan daerah dataran tinggi dibagian rangkaian pegunungan bukit barisan.(Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sekda Sambut Rombongan Study Banding Kabupaten Muara Enim Sumatra"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA