Pantau I Adipura, Jombang Peringkat 5


Jombang, SMN - Hasil pantau I Adipura yang dilakukan oleh tim penilai dari Kementrian Lingkungan menunjukkan tren positif. Dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, kota santri menduduki peringkat ke-5 untuk kategori kota sedang. Hal ini dipaparkan Heru Widjayanto Kepala Badan Lingkungan Hidup Kab.Jombang pada Rapat Koordinasi Jelang pantau II Adipura di Ruang Bung Tomo Pemkab, Senin (9/4/2012) pagi.
"Memang kita di peringkat ke lima, namun hasil itu bisa saja turun pada pantau II, jadi wajib bagi Jombang untuk selalu meningkatkan kepedulian tentang kebersihan lingkungan," tegas Heru. Pada pantau I, Jombang meraih poin sebesar 74,58. Penilaian untuk tahun ini tidak lagi menggunakan passing grade nilai (batas minimal) namun menggunakan sistem cutting poin dan sistem gugur berdasarkan nilai pantau I. Hal ini sesuai dengan Permen (Peraturan Menteri) LH no.7 tahun 2011.
Jadi bagi kabupaten/kota yang nilainya kurang dari 71 dinyatakan gugur dalam seleksi tingkat nasional dan selanjutnya pembinaan serta pemeringkatannya diserahkan kepada propinsi. Pada tahun 2010/2011, penghargaan Adipura hanya diterimakan kepada 63 kabupaten/kota metro, besar, sedang, kecil) di tingkat nasional dan belum ada yang menerima Adipura Kencana. Namun pada tahun ini ada 2 kota yang dipromosikan sebagai calon penerima Adipura Kencana yakni Tulungagung dan Malang.
"Tulungagung rencananya menerima Adipura Kencana karena telah 7 tahun berturut-turut meraih adipura, sedangkan Malang dihadiahi Adipura Kencana karena di kota tersebut terdapat wilayah mandiri energi, wilayah itu berhasil mengembangkan energi biogas,'' tambah Heru. Kuota penghargaan untuk tahun ini masih dirahasiakan sehingga kabupaten/kota masih diwajibkan untuk selalu berbenah karena nilai akhir adalah akumulasi dari penilaian non fisik sebesar 20% dan fisik sebesar 80%. (Puji)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pantau I Adipura, Jombang Peringkat 5"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA