Bupati Hasan Resmikan Gedung Baru Puskesmas Ranugedang


Probolinggo, SMN - Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Senin (9/4) meresmikan gedung baru Puskesmas Ranugedang di Desa Pesawahan Kecamatan Tiris. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Hasan dan pengguntingan untaian melati oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Tantri Hasan Aminuddin, SE.
Peresmian Puskesmas Ranugedang tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Ahmad Badawi dan Wakil Ketua DPRD Timbul Prihanjoko, pengurus PWNU Jawa Timur KH. Imam Masruchin Ahmad, Ketua FKUB Kabupaten Probolinggo KH. Mahfudz Samsul Hadi, Ketua Tanfidziyah PCNU Kecamatan Kraksaan KH. Nasrullah A. Suja’i dan Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo M. Fadlal.
Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Endang Astuti, Kepala Puskesmas Ranugedang Mujoko serta tim medis dan paramedis Puskesmas Ranugedang, Asisten Administrasi Donny Adianto, kepala satker dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Tidak ketinggalan pula sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.
Peresmian Puskesmas Ranugedang tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan sunatan massal yang diikuti oleh 35 peserta anak kurang mampu, pengobatan dan pemeriksaan gigi sejumlah 350 orang peserta serta pemeriksaan ibu hamil sebanyak 50 orang.
Kepala Dinkes dr. Endang Astuti dalam laporannya menyatakan Puskesmas Ranugedang merupakan relokasi puskesmas dari Desa Ranugedang ke Desa Pesawahan Kecamatan Tiris agar lebih memperluas jangkauan dan meningkatkan akses pelayanan masyarakat terhadap falisitas pelayanan kesehatan. “Puskesmas Ranugedang dibangun dengan dana APBD Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2011 sebesar Rp. 1.067.154.000,-,” ujar Endang.
Menurut Endang, sarana yang terbangun di Puskesmas Ranugedang terdiri dari 8 ruang pelayanan kesehatan esensial yakni UGD, persalinan dan laktasi, Poli Umum, Poli KIA/KB, Poli Gigi, Farmasi dan gudang obat, ruang perawatan dan ruang konsultasi. Selain itu juga ada 4 ruang pelayanan kesehatan non esensial yakni ruang kepala puskesmas, ruang loket, ruang tunggu dan ruang administrasi.
“Dari sarana yang sudah ada, kami masih terdapat kekurangan ruang yakni laboratorium, P2M/imunisasi, ruang rapat dan ruang petugas kesehatan lainnya. Demikian pula prasarana, petugas medis (dokter, dokter gigi) dan paramedis (analisis kesehatan, asisten apoteker dan perawat) masih perlu ditambah. Saat ini tenaga kesehatan dimaksud masih dirangkap dari puskesmas terdekat,” jelas Endang.
Sementara Bupati Probolinggo Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si dalam sambutannya mengatakan peresmian Puskesmas Ranugedang dibangun untuk semakin mendekatkan masyarakat dengan pelayanan kesehatan. “Ini merupakan jawaban keinginan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Sebab dahulu orang Tiris setiap ingin berobat selalu mengeluh karena pusat pelayanan kesehatannya tidak memenuhi standard pelayanan kesehatan,” ungkap Bupati Hasan.
Menurut Bupati Hasan, pembangunan Puskesmas Ranugedang ini sejalan dengan target Pemerintah Daerah. Dimana nantinya setiap kecamatan di Kabupaten Probolinggo minimal memiliki 2 puskesmas, yakni puskesmas rawat inap dan puskesmas pembantu. “Sarana dan prasarananya akan dilengkapi seperti yang sudah ada di Puskesmas Ranugedang ini mulai dari UGD dan sarana yang lainnya,” jelas Bupati Hasan.
Dengan diresmikannya infrastruktur Puskesmas Ranugedang ini, Bupati Hasan meminta agar juga diikuti dengan perilaku paramedis. Bagaimana perilaku paramedis yang ada di Puskesmas Ranugedang berubah, salah satunya kontrak kerjanya harus ditaati. “Merubah perilaku ini sangat berat, tetapi memang harus dimulai dari dirinya sendiri. Oleh karena itu, jadilah guru untuk dirinya sendiri dulu sebelum menjadi guru untuk orang lain,” terang Bupati Hasan.
Tidak lupa Bupati Hasan juga meminta kepada tim medis dan paramedis yang ada di Puskesmas Ranugedang untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Sehingga keberadaan Puskesmas Ranugedang ini bisa dirasakan manfaatnya oleh segenap elemen masyarakat.
“Maksimalkan pelayanan kesehatan terhadap rakyat disini. Jangan mudah merekomendasikan pasien kemana-kemana sebelum mendiskusikan bersama-sama. Sebab hal ini tentunya akan menjadi beban bagi masyarakat, utamanya bagi masyarakat yang tidak mampu. Semoga keberadaan Puskesmas Ranugedang ini bisa merubah dari yang tidak baik menjadi lebih baik,” harap Bupati Hasan.
Usai diresmikan, Bupati Hasan didampingi Ny. Tantri bersama segenap undangan melakukan peninjauan ke beberapa ruang Puskesmas Ranugedang. Dalam kesempatan tersebut, Ny. Tantri juga memberikan santunan kepada anak yatim, janda tua, masyarakat kurang mampu dan pasien yang berada di Puskesmas Ranugedang.
Sedangkan Kepala Puskesmas Ranugedang Mujoko mengatakan dengan dibangunnya puskesmas tersebut diharapkan bisa lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Tiris dan sekitarnya. “Intinya, kami ingin terus dekat dengan masyarakat. Jadi Puskesmas Ranugedang ini sebagai publik good bukan profit good,” ungkap Mujoko. (joko)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bupati Hasan Resmikan Gedung Baru Puskesmas Ranugedang"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA