Kursi Empuk Yayuk Mulai Diperebutkan



NGAWI, SMN - Kursi wakil ketua I DPRD Ngawi mulai diperebutkan. Ini setelah drg Yayuk Sri Rahayuningsih mundur (Senin 8/4) lalu. Ada tiga orang yang bakal memperebutkan kursi empuk tersebut. Yakni Samini yang kini menjabat Ketua Fraksi Golkar, Sardjono Ketua Banleg (badan legislasi) DPRD, dan Suprapto.
Tiga nama itu yang dinilai paling layak menduduki kursi panas pasca menyeberangnya Yayuk ke Partai Nasdem. ‘’Ke tiga nama itu (Samini, Sardjono, dan Suprapto) yang paling berpeluang untuk menduduki kursi wakil ketua DPRD,’’ terang sumber internal di DPRD Ngawi, kepada koran ini, kemarin (11/4).

Sumber tersebut mengatakan, Sardjono berpotensi mengisi posisi tersebut karena mengantongi suara terbanyak dari dapil II. Namun, kata dia, Samini juga berpeluang. Mengingat wanita asal Paron itu sudah lima periode ngantor di DPRD Ngawi yang juga tokoh senior di DPD Golkar Ngawi. Sedangkan peran strategis Suprapto juga diperhitungkan. Mengingat Suprapto kini menjabat wakil ketua badan pemengan pemilu (Bapilu) Golkar. ‘’Selain itu Suprapto merupakan orang dekat ketua DPD Golkar (Jefri Kusbudiman). Tapi lihat saja nanti,’’ tegasnya.
Sumber yang namanya enggan dikorankan itu mengatakan, kursi wakil ketua I DPRD cukup menarik bagi anggota dewan. Karena pejabat di posisi tersebut akan mendapatkan fasilitas lebih dibandingkan anggota biasa. Baik ketua banleg, ketua komisi, maupun ketua banmus. Seperti pembelian tiket pesawat. Jika anggota DPRD biasa tiketnya kelas ekonomi, seorang jajaran pimpinan dewan akan mendapatan tiket kelas eksekutif. “Dan mereka secara otomatis masuk ke banggar dan juga banmus. Selain itu tidak ada batasaan jatah kunjungan seperti anggota biasa,’’ ungkapnya.
Pesona kursi pimpinan DPRD, kata dia, tidak habis di situ. Dompet jajaran pimpinan DPRD dipastikan semakin tebal. Mereka juga berpeluang mendapatkan kendaraan dinas Toyota Fortuner. Dan yang tidak kalah penting menjadi modal pileg 2014 mendatang. Karena dari segi kepercayaan dan popularitas yang menanjak dibandingkan anggota dewan yang lain.
Sementara, Ketua DPD Golkar Ngawi, Jefri Kusbudiman menanggapi dingin terkait santernya tiga nama yang bakal menggantikan Yayuk. Dia menilai keputusan untuk menentukan siapa yang bakal menduduki kursi yang ditinggalkan Yayuk pasca mundur dari ketua DPRD tetap di tangan partainya. ‘’Ya boleh-boleh saja suara di luar seperti itu. Yang jelas kami baru besok (hari ini) akan dirapatkan,’’ ungkapnya.
Jefri menambahkan, ketiganya memang berpeluang untuk menduduki kursi wakil ketua I DPRD Ngawi. Mengingat ketiganya memiliki kedudukan yang strategis baik di DPRD maupun di partainya. Namun, ada sejumlah tahapan yang bakal dilalui untuk menentukan pengganti Yayuk sebagai wakil ketua DPRD. Yakni memalui rapat pengurus partainya yang akan diplenokan. ‘’Mereka semua layak, tapi tidak gampang menentukannya, dan bukan karena kedekatan, suara terbanyak atau senioritas,’’ tegasnya. (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Kursi Empuk Yayuk Mulai Diperebutkan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA