228 Siswa SD/MI Bersaing di Olimpiade MIPA



BATU, SMN - Persaingan dalam Olimpiade Matematika dan IPA (MIPA) tingkat SD/MI se-Provinsi Jawa Timur (Jatim) berlangsung ketat. Sebanyak 228 siswa unjuk kebolehan demi memperebutkan tiket ke tingkat nasional.
Ketua penyelenggara Olimpiade MIPA Provinsi Jatim Khoiruddin menuturkan, dalam lomba ini setiap kabupaten/ kota mengirimkan tiga peserta yang telah lolos seleksi sebelumnya. Peserta Olimpiade MIPA tahun ini disyaratkan maksimal kelas V, sebab siswa kelas VI sedang mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. ”Peserta terbaik akan kami kirim untuk mengikuti olimpiade yang sama pada tingkat nasional sekitar awal Mei 2013,” ujar Khoiruddin.

Panitia membagi 228 peserta dalam dua kelompok, yaitu 114 siswa untuk matematika dan sisanya IPA. ”Kami menggunakan sistem silang, yaitu satu meja untuk dua peserta. Sisi kiri untuk peserta ujian Matematika, sisi kanan untuk peserta ujian IPA. Kami juga memisahkan peserta dari satu daerah agar tidak ada peserta yang saling mencontek,” kata Rudi, panggilan Khoiruddin.
Soal-soal olimpiade MIPA tahun ini dibuat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. Seluruh lembar jawaban peserta langsung dikirim ke Jakarta untuk diperiksa langsung Dirjen Dikdas. Panitia Olimpiade MIPA Jatim hanya mendapatkan laporan peserta terbaik yang menyandang predikat juara I, II, dan III. Selain piagam dan trofi, pemenang juga mendapatkan uang pembinaan.
Dalam Olimpiade Matematika dan IPA (MIPA) tingkat SD/MI se-Provinsi Jawa Timur ini, untuk wilayah Kota Kediri di wakili SD Negeri Burengan 2 Kelurahan Burengan. Almira Chusnul A.S siswi Kelas 5 SDN Burengan 2 salah satu peserta mengatakan, “Perlu kerja keras dan belajar dengan giat untuk dapat mengikuti olimpiade tingkat propinsi yang bergengsi ini”, ungkapnya. (edit)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "228 Siswa SD/MI Bersaing di Olimpiade MIPA "


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA