Sambang Desa Serap Aspirasi Ciptakan Solusi


Ngawi, SMN - Setelah bulan Januari lalu menyambangi desa Pandean di kecamatan Karanganyar bulan Februari ini Bupati Ngawi beserta seluruh jajarannya menyambangi desa Sumber Bening Kecamatan Bringin, kegiatan yang dikemas jauh dari kesan formal ini diawali dengan perjalanan dari pendopo kabupaten dengan menggunakan motor Trail, penggunaan motor trail ini bukannya tanpa maksud atau hanya sekedar menyalurkan hobi tetapi lebih jauh lagi dengan menggunakan motor trail jajaran Pemerintah Daerah dapat merasakan apa yang selama ini dirasakan masyarakat terutama berkaitan dengan kondisi jalan di desa yang sebagian besar rusak .
“Kalau hanya sekedar menyalurkan hobi tentunya tidak perlu dengan acara seperti ini harus mampir – mampir berdialog dengan warga,” tutur Bupati. “Saya ajak seluruh jajaran Pemerintah Daerah agar turut merasakan apa yang dirasakan masyarakat selama ini terutama berkaitan dengan infrastruktur, sehingga dapat membangkitkan rasa empati kita terhadap kondisi masyarakat selama ini”, lanjut Bupati.
Kegiatan yang diberi titel Sambang Desa ini dilaksanakan selama dua hari 18-19 Februari 2012 dengan mengambil tempat di Base Camp Waduk Sangiran dan Dusun Boan yang terletak di sebelah utara waduk. Lain dengan kunjungan formal kali ini bupati, Wakil Bupati serta seluruh jajaran Pemerintah Daerah dan Forpimda menginap di lokasi dengan harapan dapat menyerap aspirasi sebanyak mungkin dari masyarakat sekaligus dapat merumuskan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat. Salah satunya adalah keluhan atas pemanfaatan keramba apung di waduk sangiran yang berjumlah 44 buah ternyata baru dimanfaatkan sebanyak 10 buah, untuk mengatasi hal tersebut bupati memerintahkan Dinas Perikanan dan Peternakan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB untuk berkoordinasi dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda, dan Olahraga diminta turun tangan untuk mengatasi permasalahan tersebut dan teknis pengelolaannya.
Pengelola bisa digerakkan dari PKK maupun pemuda desa. Lebih lanjut Bupati juga telah memerintahkan untuk pengadaan Kambing di wilayah Desa Sumber Bening, kambing – kambing ini adalah permintaan para mantan Guru Tidak Tetap yang telah bertekad alih profesi menjadi peternak Kambing, model seperti ini yang akan dilakukan Pemerintah Daerah menjadi solusi permasalahan bagi para mantan GTT dan PTT, dengan didorong menjadi wirausahawan daripada memimpikan diangkat menjadi PNS yang sangat jauh dari kenyataan. “Kita berusaha menghapus mimpi mereka untuk diangkat menjadi PNS, kita ciptakan mimpi baru untuk mereka dengan mendorong menjadi wirausahawan”, Tegas Bupati.
Khusus pengelolaan kawasan waduk, baik waduk Pondok maupun Waduk Sangiran Pemerintah Daerah menurut Bupati saat memaparkan rencana-rencana program Pemerintah Daerah dihadapan warga masyarakat Sumber Bening dan fasilitator PNPM Mandiri se Kabupaten Ngawi telah mencanangkan untuk menjadikan daerah tujuan wisata, sejumlah program akan dilakukan di waduk ini antara lain Program Ngawi Hijau dengan Pohon Asuhnya, dengan program ini diharapkan daerah sekitar waduk dapat menjadi asri dan teduh sehingga nyaman bagi pengunjung, selain itu juga menjadi wilayah tangkapan air bagi waduk itu sendiri. Kemudian untuk waduk pondok tahun ini akan dibangun Jembatan yang akan menghubungkan desa Dampit dengan Kenongo Rejo, jembatan ini selain bermanfaat untuk memperlancar dan memperpendek jarak juga sebagai pengganti jalur transportasi air yang digunakan masyarakat selama ini, keberadaan transportasi air selama ini juga menjadi kendala pengembangan wisata air seperti jet ski karena dapat menyebabkan kecelakaan.
Pada kesempatan itu pula Bupati berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada Fasilitator PNPM Mandiri berprestasi serta menandatangani Prasasti sebagai simbolis peresmian proyek proyek PNPM Mandiri di Kabupaten Ngawi Tahun 2011.
Selesai acara Bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Dusun Boan, melalui jalan yang masih makadam dan sebagian dalam kondisi rusak. Di dusun Boan ini rombongan melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan penyerahan bantuan sembako.
Banyak permasalahan yang ditangkap banyak permasalahan pula yang dapat dipecahkan, banyak bahan yang dapat dikumpulkan guna merumuskan formula program yang tepat sasaran bagi masyarakat, oleh karena itu kegiatan Sambang Desa ini akan terus dilakukan hingga seluruh Kabupaten Ngawi. (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sambang Desa Serap Aspirasi Ciptakan Solusi"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA