Menyongsong Adipura Gelar Pasukan Kebersihan 2012


Ponorogo, SMN - Bupati Ponorogo H.Amin.SH memimpin langsung upacara Gelar Pasukan Kebersihan dalam rangka persiapan menghadapi penilaian Adipura tahun 2012. Upacara yang dilaksanakan pada hari Jum`at, 24 Pebruari 2012 di Aloon-Aloon Kabupaten Ponorogo, juga diikuti oleh para pelajar, BUMD dan lembaga, instansi, organisasi yang lain.

Dalam amanatnya H.Amin.SH selaku inspektur upacara diantaranya menyampaikan ,”sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor : 07 Tahun 2011, tentang pedoman pelaksanaan program adipura. Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, lingkungan hidup yang lestari, serta menjadikan sampah sebagai sumber daya perlu dilaksanakan program adipura di kabupaten/kota”. Program adipura bertujuan mendorong pemerintah kabupaten/kota.
Program Adipura bertujuan mendorong pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat melalui penghargaan Adipura, untuk mewujudkan kota-kota yang berkelanjutan baik secara ekologi, sosial dan ekonomi melalui penerapan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Penilaian Adipura pada dasarnya terdiri dari 2 faktor yaitu penilaian fisik dan penilaian non fisik. Penilaian fisik terfokus pada kinerja pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan dan keteduhan fasilitas kota meliputi jalan arteri dan kolektor, pasar, pertokoan, perkantoran dan sekolahan serta hutan kota, rumah sakit , taman kota, fasilitas transportasi ,pengairan dan TPA. Sedangkan penilaian non fisik meliputi;data umum, institusi, kelembagaan, produk hukum anggaran dan sarana prasarana fasilitas tingkat pelayanan, manejemen serta partisipasi masyarakat.
Usai upacara Gelar Pasukan Kebersihan Bupati beserta rombongan melakukan gerakan tanam pohon di aloon-aloon bagian selatan, penanam pohon beringin sebagai momen Gelar Pasukan Kebersihan 2012. (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Menyongsong Adipura Gelar Pasukan Kebersihan 2012"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA