Ruwatan Desa dan Peresmian Kantor Desa Mojotrisno Sebagai Tonggak Kemajuan Dimasa Depan

Pelaksanaan ruwatan
Jombang, SMN
Pemerintah Desa Mojotrisno Kec. Mojoagung Kab. Jombang telah menyelenggarakan acara Ruwatan Desa dan Peresmian Kantor desa Mojotrisno pada tanggal 23 Januari 2011 bertempat di Kantor desa Mojotrisno. Adapun acara tersebut tak lain bertujuan untuk mengenang jasa para pendahulu/sesepuh desa serta untuk membersihkan berbagai masalah hidup dan sebagai wujud rasa syukur atas karunia dan berkah bagi masyarakat desa Mojotrisno. Adapun ragam acara yang digelar antara lain tasyakuran dan mocopat desa, peresmian kantor desa, pagelaran campursari dan pentas wayang kulit. Acara dimulai sekitar pukul 19.00 wib.
Hadir pada kesempatan itu antara lain Wabup Jombang Drs. H. Widjono Soeparno, M.Si. Wakil Ketua DPRD Jombang Nyono Suherli, Anggota DPRD Syaiku, Kadin Pemberdayaan Ronald, Sekcam Mojoagung, Kepala Puskesmas Mojoagung dr. Sriwulani S, Ketua Yayasan Pondok Kasih Surabaya Dr. Hana Amalia Handayani, Himawan, Syaron dari Hawai dan Agus dari Pendopo Agung Trowulan, serta beberapa Kades se-Kec. Mojoagung dan Undangan dari elemem masyarakat desa Mojotrisno.
Dalam sesi pembukaan acara dilangsungkan dengan pembacaan tahlil dan ceramah agama yang dipimpin oleh KH. Husain Ilyas dari Mojokerto, kemudian dilanjutkan dengan acara Mocopat yang dipimpin oleh Ki Surono Gondotaruno. Menginjak sesi sambutan yang pertama oleh Kepala Desa (Kades) Mojotrisno Herlisna Firismax Putra, SE menyampaikan bahwa Ruwatan desa dan Peresmian Kantor desa Mojotrisno merupakan tonggak yang akan terus diselenggarakan di tahun-tahun berikutnya.
Sebagai Kades dirinya merasa bersyukur bahwa masyarakatnya mendukung sepenuhnya acara tersebut. Masyarakat desanya serkarang sudah mempunyai SDM yang bagus serta inovatif, terbukti dengan peran serta dan swadaya dari masyarakatnya hajatan desa tersebut bisa diselenggarakan. Dengan diresmikannya Kantor desa Mojotrisno yang dibangun menggunakan dana ADD 2010, Kades Mojotrisno berharap dirinya beserta perangkat desa bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatnya,  tak lupa Kades juga menyampaikan ucapan terimah kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang telah membantu baik materiil maupun nonmaterial terhadap pelaksanaan acara tersebut.
Terlebih kepada Yayasan Sosial Pondok Kasih Surabaya yakni Dr. Hana (Ketua) yang dengan sukarela telah ikut berpartisipasi sebagai Donatur dalam penyelengaraan acara tersebut. Peresmian Kantor desa itu sendiri diresmikan oleh Wabup yang ditandai dengan pemecahan Kendi (Tempat minum dari tanah) di halaman Kantor desa Mojotrisno. Dalam kesempatan itu Wabup menyampaikan ucapan selamat kepada Desa Mojotrisno atas terselenggaranya acara tersebut,” Ini merupakan apresiasi yang baik dalam pembenahan pelayanan publik yang patut dicontoh oleh desa-desa yang lain di Kab. Jombang ini, Pemerintah yang baik adalah dimana pemerintah itu bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakatnya.’ tegasnya.
Dalam Ruwatan desa di Mojotrisno Wabup berpesan untuk senantiasa mengenang jasa para pendahulu/sesepuh terutama yang telah babat alas desa Mojotrisno sebab itu merupakan Uri-uri leluhur. Dalam kesempatan itu pula Wabup juga menyampaikan bahwa dengan diresmikannya Kantor desa yang baru artinya bahwa dengan adanya fasilitas yang sudah baik dan memadahi diharapkan aparat pemerintah desa harus sebisa mungkin lebih baik dalam melayani kepentingan dan keperluan masyarakat, terutama untuk Kepala desa beserta perangkatnya lebih meningkatkan mutu kerja dalam menjalankan tugasnya terkait dengan pelayanan yang jelas dalam menentukan waktu, biaya, serta persyaratan administrasi yang diperlukan.
Jadi sosialisasi itu penting dilakukan mengingat dimasa ini penuh keterbukaan dan transparan. Wabup menambahkan bahwa selaku Aparatur desa harus selalu ada dikantor mengingat kantor pada hakikatnya berfungsi untuk melaksanakan 5 kegiatan yaitu menerima, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan segala sesuatu yang berkenaan dengan tugas-tugasnya. Berlalu dari sesi acara sambutan, dalam kesempatan tersebut dilanjutkan dengan acara hiburan yang dalam hal ini dimeriahkan oleh guyonan lawak Supali dan iringan musik Campursari Mekar Budoyo dari RRI Surabaya, dan yang terakhir pementasan wayang kulit oleh dalang Ki Surono Gondotaruno yang digelar semalam suntuk. (Puji/Ar)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Ruwatan Desa dan Peresmian Kantor Desa Mojotrisno Sebagai Tonggak Kemajuan Dimasa Depan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA