Tata Kelola Pemerintahan: Surabaya Kota dengan Partisipasi Tertinggi se-Asia Pasifik


Surabaya, SMN  Surabaya mendapatkan City to City Award for Participation dari Citynet kemarin. Citynet adalah organisasi yang beranggotakan kota, kabupaten, serta institusi di kawasan Asia Pasifik.Pemkot Surabaya dinilai melibatkan semua pihak dalam melakukan pembangunan dan penataan kota.Tidak saja eksekutif dan legislatif, masyarakat juga berperan besar membangun Surabaya.
Pemberian penghargaan ini membuat Wali Kota Tri Rismaharini yang menghadiri seminar internasional bertema Paving the Way towards Environmentally Sustainable Cities di ballroom Hotel Shangri-La terkejut. Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Pahlawan dan semua anggota Citynet.

”Saya tidak menyangka bakal mendapatkan ini. Sebuah apresiasi yang luar biasa,”ungkap Risma kemarin. Dia berharap penghargaan yang sudah diterima bisa membuat pemkot bekerja dan berupaya lebih baik.Wanita kelahiran Kediri ini menilai bergabung dalam Citynet membuat Surabaya dan anggota lainnya menjadi lebih baik serta lebih besar.
Sekjen Citynet Mary Jane Ortega menilai dalam menata kota, Pemkot Surabaya tidak hanya mengandalkan eksekutif, tetapi juga melibatkan peran serta aktif masyarakat, swasta,berikut elemen lainnya. Ini yang membuat Surabaya berbeda dengan kota atau kabupaten lain.”Jika ada satu bagian dari kotamu yang bersinar, maka sinar itu akan memperkuat yang lain dan sinar-sinar di Surabaya itu yang membuat kota ini menang.
Selamat untuk Surabaya,” ucap Mary Jane. Hingga kini,anggota Citynet tercatat ada 124 yang tersebar di 77kota.SekretariatCitynetyang semula di Yokohama, Jepang, mulai tahun depan bakal pindah ke Seoul,Korea Selatan.Pemberian penghargaan Citynet ke anggotanya kali ini adalah yang pertama sejak organisasi itu berdiri 25 tahun lalu. Selain Surabaya,Yokohama juga menerima penghargaan, yaitu City to City Award for Best Partner.Adapun Seoul mendapatkan City to City for Tomorrow dan Kota Mikita di Filipina menerima City to City for Cooperation.
Sebelum memberikan penghargaan, Citynet dan United Nation Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) melakukan penilaian dengan objektif. ”Penilaian kami berdasar apa yang terjadi di kota tersebut selama ini,” tutur Program Director Citynet Bernadia Irawati Tjandradewi. Beberapa pembangunan di Surabaya yang melibatkan warga dan swasta adalah pembangunan kawasan Pamurbaya.
Kawasan ini menjadi kawasan konservasi mangrove sebagai tumbuhan utama.Kawasan ini direncanakan tidak hanya menjadi konservasi saja,tetapi juga mampu memberikan keuntungan ekonomis dengan menjadikannya sebagai kawasan wisata. Pembangunan taman dan hutan kota juga melibatkan warga.
Pemilihan lokasi taman dan hutan ditetapkan berdasarkan kebutuhan dan keinginan warga.Ini yang membuat taman dan hutan kota di Surabaya secara aktif dijaga dan dipelihara warga. Salah satu program Pemkot Surabaya yang juga mendapatkan partisipasi tinggi adalah car free day yang digelar setiap dua pekan sekali. (Mul)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Tata Kelola Pemerintahan: Surabaya Kota dengan Partisipasi Tertinggi se-Asia Pasifik"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA