Walikota Terima Studi Banding Lemhannas RI


SURABAYA, SMN - Segudang prestasi yang diraih Kota Surabaya menjadikan kota ini sebagai salah satu kota rujukan untuk menimba ilmu berbagai kalangan. Kamis (26/7), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia melakukan lawatan ke Surabaya dalam rangka studi banding diklat instansi pemerintah se-Indonesia.

Rombongan tersebut terdiri dari unsur TNI, Polri, BUMN, Kopertis, LSM, serta dua orang dari mancanegara yakni dari Malaysia dan Zimbabwe tersebut dipimpin Laksda TNI Sukatno. Kedatangan Lemhannas kali ini adalah unruk Studi Startegis Dalam Negeri, Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke-47 yang diikuti 20 peserta dan 6 official.
Pada kesempatan itu, walikota memaparkan banyak hal terkait Kota Surabaya. Utamanya tentang e-Government (e-Gov) yang sudah diterapkan dalam lingkup Pemkot Surabaya. Menurutnya, dengan adanya e-Gov, pengelolaan keuangan daerah dan manajemen pemerintahan di Surabaya berjalan efektif dan transparan.
“Kita bisa lihat semua besaran nominal proyek secara detail di sini, bahkan sampai menyentuh kebutuhan ATK (alat tulis kantor,red). Semua termonitor dengan baik dan antara kegiatan satu dengan lainnya terintegrasi secara on line jadi sangat memudahkan kinerja kami,” ungkap Risma sembari menunjukan sistem e-Gov kepada seluruh peserta.
Kecanggihan teknologi juga dimanfaatkan Pemkot Surabaya untuk menunjang kemudahan pengurusan perizinan on line. Walikota menyatakan, dengan beralih ke sistem perizinan on line, ini akan lebih memudahkan masyarakat karena tidak perlu datang, cukup mengakses dari rumah. Selain itu juga memangkas waktu penyelesaian lantaran data dari pemohon langsung disampaikan kepada tim di lapangan secara on line.
“Beberapa jenis perizinan on line diantaranya SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), IUJK (Izin Usaha Jasa Konstruksi), Izin Praktek Tenaga Medis, dan Izin Tanda Pencari Kerja. Semua persyaratannya dapat dilakukan secara on line sedangkan beberapa perizinan tertentu memang harus menyertakan persyaratan secara langsung,” ungkap walikota perempuan pertama di Surabaya ini.
Pimpinan rombongan Laksda TNI Sukatno menjelaskan, Lemhannas merupakan lembaga non kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Surabaya adalah salah satu dari sekian daerah yang dikunjungi dalam rangkaian studi strategis dalam negeri ini.
“Kami mengucapkan beribu terima kasih kepada Walikota Surabaya beserta segenap jajarannya. Hari ini kami berhasil menghimpun data yang kami perlukan untuk penyusunan laporan. Laporan tersebut akan dipaparkan di hadapan Gubernur Lemhannas dan selanjutnya disampaikan sebagai masukan kepada Presiden,” pungkas Sukatno. (Mul)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Walikota Terima Studi Banding Lemhannas RI"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA