Dinkes Prioritaskan Pasien Cuci Darah



MALANG, SMN - Mengantisipasi habisnya kuota anggaran Jamkesda yang habis bulan Juli, Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan Hearing dengan Komisi D DPRD Kota Malang. Dari Hearing ini akhirnya disepakati untuk pasien Jamkesda cuci darah tetap dilayani gratis di RSSA dan RST Supraoen Kota Malang.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Enny Sekar Rengganingati, idealnya untuk melayani pasien Jamkesda Kota Malang sampai Desember 2012 sebesar Rp 12 miliar. Kalau uangnya tidak ada setidaknya pasien cuci darah saja yang diprioritaskan.

"Sesui data yang kami miliki ada 100 pasien cuci darah di Kota Malang. Dengan pasien sebanyak itu dana yang dibutuhkan sekitar Rp 3 miliar sampai Desember," jelas Enny, Selasa (31/7).
Menurut Enny sebenarnya untuk melayani pasisen Jamkesda idealnya mencapai Rp 10,5 miliar namun kalau itu tidak dipenuhi maka pasien cuci darahyang menjadi prioritas. Selain itu priaoritas selanjutnya adalah pasien gagal ginjal dan leukemia.
Menurut perhitungan Enny, dengan saat ini pasien cuci darah di Kota Malang ada 74 orang, dengan dipersiapkan juga jatahnya untuk 26 orang angka Rp 3 miliar sebuah angka yang realistis. Sebab satu kali melakukan cuci darah satu pasien membutuhkan biaya Rp 700.000, padahal seminggu rata-rata butuh dua kali. Kalau dikalikan seratus dan sampai bulan Desember dana yang dibutukan sekitar Rp 3 miliar untuk 100 pasien.
Meskipun demikian, Enny tetap berharap dalam PAK nanti ada penambahan anggaran lagi, sehingga ia tidak harus menghentikan layanan untuk penyakit lainnya. Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Fransiska Rahayu Budiwiarti mengatakan jika hanya Rp 3 miliar dana tersebut tidak bisa digunakan menyeluruh kepada pasien Jamkesda. Padahal, pasien non cuci darah kan juga membutuhkan bantuan. "Kami akan mencoba untuk mengawal hingga di badan anggaran,tetapi danya harus rasional sebab anggaran Pemkot Malang bukan hanya untuk Dinkes saja," ujar Fransika.(jun/hms)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Dinkes Prioritaskan Pasien Cuci Darah"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA