Hidup Layak Menjadi Dambaan Setiap Insan Atau Masyarakat Secara Umum

           Banyuwangi, SMN - Hidup layak dan meningkatnya kesejahteraan menjadi dambaan setiap insan atau masyarakat secara umum, sehingga upaya-upaya untuk menuju taraf layak dan sejahtera tersebut terus dilakukan dengan berbagai jenis dan bentuk usaha, sejalan dengan itu kompleknya permasalahan baik menyangkut kondisi makro ekonomi, iklim usaha, trebatasnya akses usaha dan modal, sarana – prasarana yang masih terbatas, kondisi sosial yang berkembang serta faktor sumber daya manusia (SDM), itu sendiri menjadi kendala dalam mewujudkan kehidupan yang layak dan sejahtera tersebut.

Kepala Desa Wonosobo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Bapak Agus Tarmidi, menyatakan peran individu memang paling dominan dalam memenuhi kebutuhan agar hidup layak dan sejatera, akan tetapi faktor-faktor keterbatasan yang dimiliki individu menjadikan mereka tetap pada garis di bawah hidup layak terlebih lagi di tunjnang dengan ketatnya kompetisi usaha ekonomi, kelompok ini semakin kurang berdaya.
Oleh karena itu sangat diperlukan adanya upaya-upaya untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan kelompok yang kurang berdaya tersebut dapat mengakses usaha dan modal dengan mudah, upaya pemberdayaan usaha dan modal dengan mudah, upaya pemberdayaan usaha ekonomi perlu menjadi prioritas dalam upaya menekan tingkat terbatasnya kesempatan mengakses usaha dan modal tersebut guna menekan atau menanggulangi tingkat kemiskinan. Prioritas berikutnya adalah terpenuhinya dasar lingkungan terutama yang berbasis untuk menunjnang peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan. Terbangunnya sistem pemberdayaan sosial yang dapat mengakar di tengah-tengah masyarakat juga merupakan faktor cukup strategis dalam menekan dan mempercepat turunnya tingkat kemiskinan.
Bapak Agus Tarmidi Kepala Desa Wonosobo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi sesuai dengan fisi dan misinya senantiasa melakukan upaya-upaya peningkatan kapasitas dan kapabilitas serta upaya membangun kemitraan dengan berbagai pihak guna lingkungan pemberdayaan sosial dan pemberdayaan ekonomi.
Untuk dapat mencapai tujuan dalam pemberdayaan tersebut, tugas dan fungsi kelembagaan perlu di dukung adanya sistem manajemen organisasi dan SDM yang memadai. Selain itu penguatan kelembagaan yang berorientasi pada daya capaian target pemberdayaan perlu di tunjang sumberdaya  yang lain baik matrial berupa dana, sarana prasarana kelembagaan, maupun non material berupa peningkatan kapasitas dan kapabilitas melalui terbangunnya mekanisme organisasi secara propesional, pembagian tugas dan kerjasama serta peningkatan kwalitas SDM Personal melalui pelatihan teknis. Membangun Jaringan dan kemitraan dengan pihak lain secara intensif menjadi bagian dari upaya membangun penguatan kelembagaan guna mendapatkan sinergi yang dapat memacu tingkat capaian target pemberdayaan. (RJT/Arifin)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Hidup Layak Menjadi Dambaan Setiap Insan Atau Masyarakat Secara Umum"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA