RSUD Jombang Terbaik Ke-2 Se Jatim Kinerja RSSIB


Jombang, SMN - Pada puncak Peringatan Hari Ibu (PHI), Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Dan Hari Internasional Penyandang Cacat (HIPENCA) Provinsi Jawa Timur (4/1) di Gedung Negara Grahadi Surabaya  Kabupaten Jombang kembali menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur. Kali ini apresiasi terbaik ke 2 untuk kinerja  Rumah Sakit Sayang Ibu Dan Bayi (RSSIB) . Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur dan diterima oleh Drs.H. Widjono Suparno Msi wakil Bupati Jombang.
Perkembangan pelayanan kesehatan ibu dan bayi di rumah sakit saat ini sedang mengalami kemajuan pesat. Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia menjadi sasaran pelayanan kesehatan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi. Untuk  menurunkan angka kematian ibu dan bayi perlu pelayanan yang berkesinambungan dari tingkat masyarakat sampai tingkat rumah sakit. Dengan demikian upaya kesehatan ditingkat rumah sakit perlu didukung upaya rujukan kesehatan dari tingkat masyarakat.
Survei Demografi Kesehatan Indonesia tahun 2007 menyebutkan bahwa AKI yaitu 228/100.000 Kelahiran Hidup (KH) dan AKB yaitu 34/1000 KH, sedangkan target RPJMN Kementerian Kesehatan tahun 2014 AKI sebanyak 118/100.000 KH dan AKB sebanyak 24/1000 KH. Dan salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Kesehatan untuk penurunan AKI & AKB ini, diantaranya melalui program RSSIB.
Oleh karena itu, untuk memantapkan pelaksanaan program RSSIB perlu lembina jejaring dengan fasilitas kesehatan lainnya. Pembinaan dan evaluasi perlu dilakukan terus-menerus dan berkesinambungan agar program ini dapat terus berlanjut. Oleh karenanya peran Dinas Kesehatan Propinsi ataupun Kabupaten/Kota dan organisasi profesi diperlukan untuk keberlangsungan program ini.
Program RSSIB bukan hanya milik Kementerian Kesehatan. Untuk menjamin pelaksanaan program dapat terlaksana secara berkesinambungan, membutuhkan keikutsertaan masyarakat dan berbagai lintas program.
Ke depan rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan prima yang peka mengetahui kebutuhan; fokus menyediakan layanan; kompetitif; menyediakan layanan baru sesuai perkembangan IPTEK; lebih efektif; tarif lebih terjangkau serta menciptakan kepuasan semua pihak.
Penilaian lomba berdasarkan beberapa aspek, diantaranya: komitmen RS/Pemda, administrasi dan manajemen,  kegiatan pelayanan, fasilitas dan sarana serta unggulan pelayanan ibu & bayi di masing-masing rumah sakit. Penghargaan RSSIB bertujuan memotivasi RS untuk menurunkan AKI dan AKB di Indonesia. (PJ)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "RSUD Jombang Terbaik Ke-2 Se Jatim Kinerja RSSIB"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA