Walikota Probolinggo Lounching Bank Sampah Pasar


Probolinggo, SMN - Pemerintah Kota Probolinggo hari ini (11/01) melakukan terobosan baru dengan mengadakan acara pembukaan Bank Sampah Sejahtera Pasar Baru Kota Probolinggo.
Walikota Probolinggo HM. Buchori. SH. MSi. yang melounching Bank Sampah tersebut berlokasi didalam Pasar Baru, hanya sedikit menjelaskan dalam sambutannya bahwa “Bahwa Program Bank Sampah Berbasis Pasar ini dengan memberikan ganjaran berupa uang tunai kepada mereka yang berhasil memilih dan menyetor sejumlah sampah“ karena berbarengan dengan acara yang lain maka HM. Buchori hanya menharap dengan dilounchingnya bank pasar ini mudah mudahan pasar akan lebih bersih dan sehat.
Sebelum HM.Buchori meninggalkan tempat acara sempat sedikit disimulasi oleh Kepala Bappeda Ir. Budi Krisyanto dan juga ada nasabah yang menimbang sampah saat itu.
Dikesempatan lain Ir. Budi Krisyanto yang diwakili oleh Stafnya Setio Rini Sayekti. SKM. MSi. menjelaskan bahwa pelaksanaan administrasi Bank Sampah adalah Pengurus Paguyuban Pedagang Pasar yang berjumlah 25 orang, untuk penggerak adalah Kader pasar berjumlah 30 orang, yang mewakili masing masing Blok.
Sedang nasabahnya adalah Pedagang, Masyarakat Sekitar dan Pembeli, (umum) adapun yang menjadi latar belakang Bank Sampah ini diadakan adalah : Karena jumlah volume sampah terus meningkat, pedagang bertambah banyak, dan barang dagangannya yang memungkinkan berpotensi sampah yang bernilai ekonomis, maka sampah tersebut dipandang perlu sebagai nilai tambah atau incame bagi para pedagang pasar dalam turut serta mengelola sampahnya sehingga tercipta pasar yang bersih dan sehat.
Setio Rini juga menjelaskan cara menjadi nasabah Bank sampah cukup mendaftar kepengurus dan Menyetor sampahnya , serta sampah yang disetor akan ditimbang dan per kilonya dihargai Rp 1000; untuk tahap awal baru dapat diambil setorannya selama 3 bulan , sedang sampah yang dapat disetorkan adalah jenis sampah kering / an organic yaitu : plastic, kertas, kardos, dan lain-lain.
Adapun asset dana bank sampah tersebut berasal dari APBD sebesar Rp 435.450.000; sedang dari yayasan danamon peduli sebesar Rp 90.000.000; yang semuanya akan dipergunakan untuk Penguatan internal, fisik, dan lain-lain. (edy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Walikota Probolinggo Lounching Bank Sampah Pasar"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA