Mengoptimalkan Peran Koperasi dan Memfungsikan Kantor Dekopinda


Jombang, SMN - Memfungsikan secara optimal gedung Dekopinda Jombang menjadi salah satu point penting yang dibahas  pada  Rapat Kerja Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Jombang pada (5/1) siang.
“Saya berada digedung Dekopinda ini jadi teringat tahun 90 an ketika gedung ini masih baru”, tutur Bupati Suyanto mengawali sambutannya. Disampaikan Bupati bahwa  Dekopinda Jombang  diera tahun 80 -90 an memiliki sejarah yang luar biasa dalam pergerakan perkoperasian di Jombang.  Namun seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangannya, gedung yang berdiri didekat perempatan perlintasan stasiun Kereta Api Jombang ini nyaris tidak dimanfaatkan  secara optimal.
Untuk itu Bupati Suyanto mengajak kepada para pelaku koperasi untuk belajar dari pengalaman getir yang dialami perkoperasian dinegeri ini, guna merebut kembali masa kejayaan koperasi di Indonesia. “Mari kita jadikan koperasi sebagai kawah candradimuka lahirnya tokoh -tokoh koperasi”, tuturnya.
Oleh karenanya dengan adanya semangat dari kepengurusan Dekopinda yang dinahkodai  oleh H. Mubin yang berjanji akan menghidupkan kembali denyut dan aktivitas perkoperasian di gedung Dekopinda Jombang ini, Bupati Suyanto menyambut  dengan baik dan memberikan dukungan. “Segera diurus kedudukan asset  gedung in, tata dengan baik  guna memfasilitasi sector informal maupun UMKM”, tandas Bupati Suyanto.
Kepada pengurus Dekopinda Bupati meminta untuk segera melakukan penguatan kelembagaan hingga ditingkat kelompok dan keanggotaan.  “Para pelaku perkoperasian harus selalu meningkatkan kinerja secara baik, coba ditata kembali dan perkuat kelembagaan hingga ditingkat bawah untuk  membuka semangat baru,  tekat baru untuk pengabdian dalam membesarkan gerakan Koperasi di tempat masing-masing”, Tegas Suyanto.
Kepada Dinas Koperasi dan UMKM Jombang Bupati meminta untuk segera melakukan penguatan Sumber Daya Manusia utamanya tenaga akuntansi melalui pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan. Dan kepada kalangan perbankan di Jombang diharapkan dapat menjadi daya ungkit perekonomian di Kabupaten Jombang.
Ketua Dekopinda Wilayah Prov. Jatim, Drs. H. Marjito,  menyampaikan dengan perkembangan perkoperasian di Jombang yang luar biasa, dipastikan bahwa pada  Hari Koperasi ke 65 tahun 2012 akan dipusatkan di kabupaten Jombang. Disampaikan pula bahwa Dekopinwil Jatim juga akan segera membangun gedung baru.
Rapat Kerja Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kabupaten Jombang yang digelar bertepatan dengan hari kelahiran Bupati Suyanto tersebut juga dihadiri Drs. Widjono Suparno Msi wakil Bupati, Sekda Munif Kusnan SH, Msi, jajaran SKPD terkait, H. Mubin SH ketua Dekopinda Jombang, ketua Dekopinda Wilayah Prov. Jatim, Drs. H. Marjito,  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Prov Jawa Timur, DR.Ir. H. Fatah Yasin MSi, Sumrambah Komisi B DPRD Jatim, Komisi V DPR RI Sadarestuwati  serta pengurus Koperasi Wanita, Ketua KUD, seKab Jombang dan kalangan perbankan.
Dalam acara  itu  penyelenggara kegiatan juga memberikan surprise kepada Bupati Suyanto. Sebuah tumpeng telah disiapkan untuk menandai Ulang tahun Bupati Suyanto. (PJ)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Mengoptimalkan Peran Koperasi dan Memfungsikan Kantor Dekopinda"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA