Manusia Tidak Lagi Bersahabat dengan Alam


             Banyuwangi, SMN - Desa Kaligung dan Desa Wonosobo saat ini nggak ada lagi alam yang indah sebagian jadi galian pasir. Seharusnya alam itu dilindungi, bukan untuk dirusak. Lihat gambar, bayangkan saja kalau semua lahan kayak gitu mau jadi apa desa ini.
Pengusaha tidak lagi memikirkan  alam, semuanya yang penting uang, apalagi kepala desanya malah ikut-ikutan jadi pengusaha pasir, jadi nggak mikirkan lingkungan (wilayahnya). Wartawan Koran ini pernah konfirmasi masalah lahan yang jadi galian pasir yang melebihi standar  ukuran kedalaman kepada kepala desa (Desa Kaligung), informasinya dari masyarakat kalau yang ada di gambar itu milik kepala desanya, komentar kepala desa  “memang dulunya milik dia tapi saat ini katanya sudah pindah tangan”.
Terus siapa yang akan bertanggung jawab akan semua ini, galian udah melebihi dari batas kedalaman, sampai keluar airnya.
Memang benar kalau gitu semua kalau berbau uang segalanya bisa berubah, dari asal mula lahan perkebunan atau persawahan jadi  lahan yang rusak, malah ada yang dibiarkan gitu aja. Hingga lahan itu nggak berproduksi, terus siapa yang memikirkn lingkungannya.
Pemerintah dan Aparat Kabupaten Banyuwangi seakan-akan menutup mata dan membiarkan galian pasir yang melebihi kedalaman, semua ini sungguh disayangkan lahan yang berproduksi malah jadi lahan yang tidak berproduktif. Semoga pemerintah dan aparat kabupaten Banyuwangi menindak lanjuti terkait galian yang melebihi kedalaman, bilamana dibiarkan mau jadi apa lingkungan ini. (hr)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Manusia Tidak Lagi Bersahabat dengan Alam"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA