Memperingati Hardiknas dan Harkitnas UPTD Kec Kesamben Gelar Hiburan Wayang Kulit


Kusno, M.Pd Ketua Panitia
Suara Blitar – Pada Sabtu (28/5) sangatlah berbeda dengan malam-malam sebelumnya. Sejak sore masyarakat sudah berbondong-bondong menuju depan kantor UPTD Kec. Kesamben untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit yang diselenggarakan oleh UPTD Kec. Kesamben dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional dan hari kebangkitan nasional 2011.

Acara itu sendiri mengambil tema “Kita tingkatkan pendidikan yang berkarakter, berkualitas dan religius.” Menurut keterangan KUSNO, M.Pd Ketua Panitia setelah dikonfirmasi oleh wartawan Koran ini bahwa kegiatan ini sudah kita mulai sejak tanggal 2 Mei yaitu mengikuti upacara serta pameran, kemudian pada tanggal 5 Mei mengadakan Istighosah di Aula UPTD Kec. Kesamben dengan tujuan mendo’akan anak-anak kita khususnya yang akan menghadapi UNAS tahun 2011 agar nantinya dapat nilai yang memuaskan.
Pada tanggal 28 Mei pagi hari kita adakan Gebyar Seni yang diikuti oleh seluruh siswa SD sewilayah Kec. Kesamben dan puncak acaranya malam ini pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang KI DWIJO KANGKO, S.Sn mengambil cerita Petruk Nagih janji yang mengisahkan tokoh Petruk sebagai rakyat kecil menagih janji kepada Pejabat setempat. Kita patut bangga bahwa UPTD Kec. Kesamben adalah satu-satunya UPTD se-Kab. Blitar yang menyelenggarakan Gebyar Seni dan Istighosah.

Bambang Krido Utomo, Kepala UPTD Kec. Kesamben
menyerahkan tokoh Petruk kepada Ki Dalang Dwijo Kangko
Ditanya mengenai sumber dana KUSNO, M.Pd mengatakan dihimpun secara sukarela dari partisipasi guru-guru SD dan Kepala Sekolah serta DPK se-wilayah Kec. Kesamben, jadi kegiatan semacam ini terus kita bina agar nantinya setiap tahun dapat berjalan yang lebih lancar lagi sambil lebih meningkatkan khususnya bidang kesenian. BAMBANG KRIDO UTOMO selaku Kepala UPTD Kec. Kecamben mengatakan bahwa pada tahun 2010 ranking 1 unas se-Kab. Blitar diraih oleh Kec. Kesamben, jadi untuk tahun ini kita harus bisa mempertahankannya dan dengan diadakannya Pagelaran Wayang Kulit ini bukan hanya sekedar untuk pesta tetapi kita ambil hikmahnya dan kita wajib melestarikannya agar anak-anak kita di kemudian hari bisa mengenali tokoh-tokoh dalam pewayangan dan melestarikan kesenian asli budaya Jawa.  
Kemudian setelah sambutan selesai, secara simbolis BAMBANG KRIDO UTOMO Kepala UPTD Kec. Kesamben menyerahkan tokoh Petruk kepada Ki Dalang DWIJO KANGKO sebagai tanda dimulainya Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk. (pandu)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Memperingati Hardiknas dan Harkitnas UPTD Kec Kesamben Gelar Hiburan Wayang Kulit"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA