Budidaya Keramba Ikan Desa Jongbiru


            Kediri, SMN - Tugas dan wewenang seorang kepala desa, tidak hanya mengayomi dan melindungi warga tapi juga membantu menyejahterakan rakyat serta solusi pengalihan yang terbaik, dan memajukan desanya. Hal inilah yang sekarang tengah dilakukan J.W. Suhartono (kades) Jongbiru kecamatan Gampengrejo. Beliau dalam menghadapi kondisi saat ini berusaha menjadi audentsi langsung dari persoalan-persoalan yang muncul.
Rencana pengalihan profesi penambang pasir mekanik yang berada di desa Jongbiru diharapkan bisa memanfaatkan sungai brantas sebagai trigger untuk menggerakkan ekonomi sekaligus menjadikan dan melindungi sungai dari aktiitas pembuangan sampah sembarangan.
Dengan berjalannya waktu dengan fasilitas yang terbukti sanggup memberikan kontribusi dalam menggerakkan ekonomi. Yang jelas kades bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup para penambang pasir mekanik dan warga desanya.
Kades menuturkan,”Jika ditekuni sungguh-sungguh budidaya ikan keramba sangat menguntungkan mengingat air sebagai media budidaya diperoleh secara gratis, dan tak perlu mengganti air kotor. Juga akan meningkatkan perbaikan gizi keluarga, dan menambah penghasilan dan saat ini sementara ikan lele yang dibudidayakan di keramba. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan budidaya ikan yaitu terciptanya sumber pertumbuhan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan dari pelaku usaha penduduk sekitar secara berkelanjutan. Mengharapkan kerjasama dari pihak-pihak terkait kedepannya diantaranya Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Pengairan.
Pimpinan dengan dibantu para perangkat desa bertekad mendukung dan mensukseskan program-program Bupati menuju kehidupan rakyat yang maju dan sejahtera, bahu membahu bersama berjaung demi kemajuan juga menjauhi tindakan-tindakan yang merugikan masyarakat. Terbersit harapan agar semua perjuangan yang dilakukan akan mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat dan berbagai pihak. Diharapkan desa Jongbiru bisa secara revolusioner dalam mensukseskannya.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "Budidaya Keramba Ikan Desa Jongbiru"

  1. Anonymous Says:
    March 2, 2013 at 6:25 PM

    smoga warga jongbiru bs jaya dan makmur dgn memberdayakan sumber daya yang ada...


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA