Ngopi Bareng Mbah Tarom


Madiun, SMN - Dalam rangka memberikan wahana aspirasi terhadap pemerhati di dunia pendidikan, utamanya untuk pengembangan dunia pendidikan di Kabupaten Madiun, Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun yang dikomandani oleh Drs Suhardi MM bersama MKKS Kabupaten Madiun mengadakan kegiatan ngopi bareng mbah Tarom.
Ngopi (ngobrol pinter) bareng mbah Tarom (sapaan akrab Bupati Madiun) yang diselenggarakan di ruang pertemuan INKA (4 Pebruari 2012) dihadiri oleh elemen pendidikan diantaranya Kepala UPT Pendidikan, Kepala sekolah SMA/SMK, dan unsure pendidikan lainya, serta Pimpinan SKPD Kabupaten Madiun.
Ngobrol pinter bareng mbah Tarom dengan mengusung thema “Membangun SMK berbasis Industri dan keunggulan local “bersama MKKS Kabupaten Madiun dengan nara sumber Bupati Madiun, Komandan Kodim, Kapolres, Direktur Komersial INKA Madiun, dan dari praktisi kewirausaan mandiri (Dr. Bambang Triono pemilik hak cipta latihan IME (Inspiring Moslem Entrepreneurship).
Bupati Madiun yang akrab dipanggil mbah Tarom dalam mengawali Ngopi (ngobol pinter) membahas pengembangan dunia pendidikan di Kabupaten Madiun diantaranya menegaskan bahwa kegiatan ngopi bareng ini merupakan upaya menyediakan media untuk berkoordinasi, kunsultasi dan komunikasi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Madiun. Khusus dalam kesempatan ini diketahui bersama bahwa siswa siswa SMK telah mencuri perhatian masyarakat melalui kemampuannya membuat berbagai produk yang diminati masyarakat . Dengan demikian diharapkan SMK kedepan melalui kemajuannya mampu menjadi SMK berbasis industri dan keunggulan local .
Lebih lanjut disampaikan bahwa dukungan Pemkab Madiun terhadap pendidikan dapat diwujudkan melalui berbagai bentuk, salah satunya dengan dukungan alokasi APBD untuk pendidikan untuk tahun ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 94 milyar itu non gaji, bila ditambah gaji, anggaran untuk pendidikan lebih dari 20 persen.
Terkait dengan Misi “Madiun Sejahtera 2013“ berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun melalui pintu masuk prioritas program, sehingga yang dapat diunggulkan saat ini yaitu infrastruktur dalam arti luas dan pengentasan kemiskinan, melalui pendampingan SKPD ke pemerintah desa untuk menangani pengentasan kemiskinan, dan melalui pemberdayaan desa meningkatkan swadaya masyarakat.
Dalam kesempatan yang sama Dr. Bambang Triono praktisi kewirausahaan mandiri pada acara Ngopi bareng mbah Tarom mengungkapakan bahwa jiwa entrepreneur harus terus dikembangkan untuk lulusan SMK. Agar para lulusan kejuruan ini mampu menciptakan lapangan kerja dan mencapai kemandirian. Terkait dengan pengembangan SMK, menurut pemilik hak cipta latihan IME, SMK kedepan diharapkan mampu sebagai sekolah kejuruan yang industrial produksi dengan keunggulam local .
Hal serupa juga diungkapkan Diretur Komersial INKA Madiun, bahwa kemandirian untuk menciptakan beragam produk dalam industri kereta api juga ditempuh oleh INKA Madiun. Dulunya INKA hanya sebagai bengkel lokomotip terbesar di Indonesia, dengan berjalannya waktu maka INKA mulai melakuakan produksi sendiri kereta, juga mencoba membuat mobil GEA (Gulirkan Energi Alternatif). Gunesti Wahyu Handiko Direktur Komersial INKA juga mengungkapkan bahwa komitmennya untuk siap menerima siswa SMK yang akan magang, bahkan pihaknya siap memberikan pelatihan bagi SM yang akan ke Jepang. (SY)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Ngopi Bareng Mbah Tarom"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA