6540 Hektare Sawah Akan Alami Pengeringan


Musi Rawas, SMN -  Tidak kurang dari 6540 Ha sawah di Musi Rawas akan mengalami pengeringan pada bulan April mendatang, pengeringan ini dikarenakan irigasi yang mengaliri persawahan tersebut akan dinormalisasikan.
Tercatat tidak kurang dari 7 bulan pengeringan ini akan berlangsung, karena diperkirakan rehab saluran irigasi yang akan dilakukan dari Bendung Kelingi (BK) 0, akan berakhir sampai bulan Nopember. Pengeringan ini akan mengurangi jumlah produksi beras di daerah ini. Setidaknya kita akan kekurangan 5000 ton beras pada tahun ini jika pengeringan dilakukan dengan kurun waktu selama itu,” ujar Tohirin Kepala Bidang Produksi Holtikultura dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Musi Rawas.
Untuk mengatasi masalah pengeringan itu menurut Tohirin pihaknya telah mempersiapkan berbagai terobosan diantaranya dengan menggenjot penanaman pada sawah yang saat ini telah panen dan masih memiliki air. Selain itu juga kami akan mengidentifikasi sawah yang terdampak untuk dilihat apakah masih bisa ditanami pada saat pengeringan nanti,” jelas tohirin. Tidak hanya itu dinas TPH juga menyarankan bagi para petani yang tidak bisa menanam padi pada sat pengeringan akan diarahkan untuk menanam palawija atau menanam padi gogo (padi darat).
Tohirin juga meminta pada pihak terkait yang akan melakukan pengeringan agar bekerja lebih cepat, agar petani tidak terlalu lama menunggu tanam,”Bayangkan saja jika pengeringan mencapai 7 bulan berarti kita baru akan mengalami panen 11 bulan dan itu klau petani langsung menanam saat pengeringan berakhir,” papar Tohirin.
Selain itu juga dirinya berharap dalam normalisasi ini nantinya dapat menginfetarisir jumlah kolam air deras yang juga memakai aliran irigasi, karena selama ini kolam air deras disinyalir telah mengurangi jumlah persawahan yang ada karena kolam air deras turut serta mengurangi debit air, sehingga persawahan di bagian ujung irigasi tidak kebagian air. (yudi)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "6540 Hektare Sawah Akan Alami Pengeringan"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA