Yang Berbeda dari SMP Negeri 6 Kediri


Kediri, SMN - Dasar pengelolaan pendidikan di era masyarakat global dibutuhkan adanya pegangan hidup yang universial dan primordial, seperti kehidupan yang agamis guna menangkal masuknya pengaruh-pengaruh negative terutama dilingkungan sekolah. Pendidikan intelegensi saja tidak cukup untuk membekali putra-putri kita, karena itu harus juga di didik secara emosional (EQ) dan spiritual (SQ) guna menunjang keberhasilan mereka dimasa mendatang.
Seperti yang telah diterapkan di kelas unggulan SMPN 6 Kediri ini dengan memberikan (pencerahan jiwa) bimbingan keagamaan secara continue dan berkesinambungan yakni dengan menghadirkan sosok kyai intensif Al-Quran dalam jadwal keagamaan setiap bulannya dimana dalam forum ini terangkum nasihat-nasihat keagamaan yang disertai tanya jawab langsung mengenai amar maqruf nahi munkar yang materinya berbasic tafsir Al-Quran. Disini juga di tumbuhkan penghayatan nilai-nilai agama dan budaya bangsa yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbangun pribadi siswa yang berkompeten , bertaqwa dan berakhlak mulia.
Setelah dasar keimanan terpatri kuat dalam diri peserta didik maka perlu ditumbuhkan pula pendidikan secara emosional (EQ) dimana siswa dilatih untuk berempaty dengan lingkungan sehingga tercipta keseimbangan dan membawa perubahan positive yang  bermanfaat bagi diri pribadi maupun lingkungan. Hal ini di aplikasi kan dalam wadah ekstrakurikuler wajib pencaksilat guna penyaluran emosional anak serta menumbuhkan kepercayaan diri. Para orang tua dapat mempercayakan putra-putrinya ke SMPN 6 Kediri.
Supaya dapat di upgrade hingga menjadi anak yang membanggakan karena mempunyai keseimbangan IQ, EQ, dan SQ. Sehingga dapat menghasilkan maha karya untuk bangsa dan sukses menjadi kebanggaan keluarga.
Demi terwujudnya kegiatan pembelajaran dan bimbingan yang efektif maka telah dipersiapkan pula tenaga pendidik yang profesional. Pengadaan dan perawatan fasilitas kelas  maupun sarana-prasarana kegiatan belajar-mengajar kelas unggulan dibutuhkan biaya yang lebih besar di bandingkan kelas reguler. Untuk itu pihak sekolah telah melibatkan wali murid dengan meminta persetujuan para orang tua murid kelas unggulan terlebih dahulu.
Penyeleksian dalam penerimaan siswa kelas unggulan di dasarkan prestasi akademis dan kemampuan yang tidak diragukan lagi. Siswa yang mempunyai potensi kecerdasan dan bakat istimewa dibekali dengan pembelajaran yang berkualitas dan kompetitif serta bimbingan yang efektif, sehingga intelektual siswa berkembang secara optimal pengaya.an materi pelajaran yang diuji nasionalkan dikemas dalam bentuk bimbingan dan konseling di sekolah guna mempertahankan dan meningkatkan mutu belajar siswa, juga untuk membantu siswa dalam pencapaian prestasi belajar yang tinggi dan unggul dalam iptek. Indikator untuk mencapai semua itu, pihak sekolah mengedepankan keunggulan dalam : 1)  Proses pembelajaran, 2) Pengembangan kurikulum, 3) Prasarana pendidikan, 4) media Pembelajaran, dan 5) Manajemen sekolah dan prestasi akademik/nonakademik.
Komitmen untuk mengangkat derajat pendidikan melalui kualitas selalu tertanam dalam benak dan diri KS SMPN 6 Kediri Drs. Yusuf Budi Santoso, demi terciptanya insan yang ber akhlakul karimah, tangguh, kreatif, inovatif, dan visioner. (gus)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Yang Berbeda dari SMP Negeri 6 Kediri"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA