Sebanyak 127 RTM Nikmati Program Listrik Masuk Desa

           Jombang, SMN - Bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-66 tahun 2011, sedikitnya 127 Kepala Keluarga (KK)  yang tinggal dikawasan hutan/desa terpencil yang selama ini  berada dalam kegelapan dimalam hari,  kini dapat menikmati suasana terang dirumahnya setelah program listrik masuk desa terealisasi. Meski hanya dengan kapasitas 450 watt, 1 (satu) stop kontak, 1 (satu) jaringan lampu dan model pra bayar Kebahagiaan ini seperti diungkapkan oleh Suyadi, warga penerima bantuan listrik masuk desa dari desa pakel Bareng dan Mudji dari Ngusikan. Tanpa bisa berkata-kata, diungkapkannya kebahagian itu dihadapan Bupati dan Manajer PLN Area Pelayanan Jaringan Mojokerto. “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati juga jajaran PLN yang telah memperjuangkan rakyat kecil seperti kami untuk mendapatkan listrik”, tuturnya singkat.

Program bantuan listrik masuk desa di Kabupaten Jombang  ini  diperuntukkan bagi masyarakat miskin (RTM) hasil pendataan PPLS 2008 dan hasil rembug desa yang difasilitasi oleh PNPM Mandiri.  Bupati Jombang Drs. H. Suyanto MM didampingi Manajer PLN Area Pelayanan Jaringan Mojokerto, telah menandai diresmikannya jaringan listrik pedesaan bagi rumah tangga miskin disekitar kawasan hutan Kabupaten Jombang, dengan menyalakan listrik disalah satu  rumah warga yang ada didusun Curah Paras desa Pakel kecamatan Bareng. “Semoga dengan adanya  listrik didesa ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan menjadi modal dalam meingkatkan perbaikan usaha”, tutur Bupati Suyanto.
Disampaikan Bupati Jombang Drs. H. Suyanto MM bahwa capaian ini masih belum final dan baru memasuki babak pertama. Untuk selanjutnya akan menjadi agenda pembangunan di Kabupaten Jombang pada tahun mendatang. Dari 8 lokasi yang direncanakan, sampai pada hari ini terealisasi 4 lokasi.” Saya yakin  pada tahun 2012 target ini akan rampung, dan pasti ini akan mendapatkan dukungan penuh dari tim anggaran juga komisi C -DPRD Jombang”, tandas bupati dua periode ini. 
Pembiayaan program ini  sudah disiapkan  melalui APBD sejak 3 tahun yang lalu, tapi selalu gagal. Dan baru tahun 2011 berhasil direalisasikan. Menghadapi kendala dan hambatan dalam merealisasikan pelayanan listrik bagi RTM di kawasan hutan tidak pernah menyurutkan semangat dan upaya pemerintah Kabupaten Jombang dan DPRD Kabupaten Jombang. Buah hasil dari upaya tersebut adalah kesediaan PLN untuk turut serta mendukung dan membiayai pembangunan jaringan listrik pedesaan. “Target kita 2012 adalah merampungkan perijinan pinjam pakai kawasan hutan dengan mekanisme dispensasi, dengan ijin tersebut PLN akan segera merealisasikan pemasangan jaringan listrik dilokasi berikutnya”, cetus Bupati Suyanto.
Sebab untuk pemasangan jaringan listrik yang melewati kawasan hutan harus melalui mekanisme ijin pinjam pakai kawasan hutan yang disahkan oleh menteri Kehutanan.  Jumlah RTM yang  mendapatkan bantuan listrik masuk desa sebanyak 127 KK. Adapun lokasi penerima bantuan adalah  57 KK didusun Curah Paras , desa Pakel kecamatan bareng.Sebanyak 23 KK didusun Tanjung Baru, desa Tanjung Wadung kecamatan Kabuh. Sebanyak 32 KK didusun Papringan, desa Pojokklitih kecamatan Plandaan. Dan sebanyak 15 KK didusun Candilor, desa Sumbernongko kecamatan Ngusikan. (Puji)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sebanyak 127 RTM Nikmati Program Listrik Masuk Desa"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA