Prona Kabupaten Nganjuk

Nganjuk SMN - Dalam membantu masyarakat mensertifikatkan tanah secara mudah dan murah BPN (Badan Pertanahan Nasional) kabupaten Nganjuk meluncurkan program prona, program ini memang sangat membantu masyarakat utamanya masyarakat menengah kebawah. Di kabupaten Nganjuk tahun ini prona melayani 2500 bidang tanah yang terbagi dalam 10 desa.
Seperti yang dijelaskan Sarjono dari BPN kabupaten Nganjuk di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu tahun ini prona di Nganjuk hanya mencakup 2500 bidang, tidak seperti tahun lalu yang mencapai 5000 bidang, karena saat ini BPN kekurangan tenaga untuk mengerjakan prona.
Lebih jauh Sarjono menjelaskan bahwa prona tidak ada kalimat gratis, apa saja yang di biayai oleh prona? Meliputi pekerjaan-pekerjaan yang dikerjakan oleh BPN menjadi tanggung jawab BPN, seperti pendaftaran tanah, pengumpulan data yuridis, pengukuran tanah.
Sedangkan mewujutkan berkas lengkap fisik dan yuridis menjadi tanggung jawab pemohon, surat-surat bukti kepemilikan tanah,bukti peralihan/perolehan tanah, surat-surat lain yang menunjukkan berkas lengkapmenjadi tanggung jawab pemohondan tidak disiapkan di prona.
Sementara itu staf administrasi prona BPN NganjukEkojuga memberikan penjelasan mengenai prona proses prona dibiayai Negara.yang dimaksid gratis adalah setelah berkas masuk ke BPN.Seperti yang dijelaskan pak Sarjono pengukuran juga termasuk yang gratis.
Pertugas pengukuran dari prona mendapatkan honor, transport, uang makan (akomodasi) yang dibayar oleh BPN.
Saat team menanyakan mengenai realita dilapangan bahwa petugas ukur juga mendapatkan uang makan, transport dari pemohon, Eko menjawab itu terserah dari pemohon, sedangkan Sarjono menjelaskan kalau pengukuran sudah dibiayai oleh prona, jadi pemohon tidak usah membayar.
Dari penelusuran team dilapangan ada salah satu desa peserta prona yang memnberikan uang makan 3 kali sehari, uang saku Rp.600 ribu perminggu. (Dto)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Prona Kabupaten Nganjuk"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA