Kemandirian Petani Kota Batu Ditunjang Program dari Dinas Pertanian


Batu, SMN - Para petani di Kawasan Kota Batu semakin berdaya saing  dengan adanya program dari Dinas Kota Batu yakni pengembangan kawasan organik, diantaranya sayuran dan padi. Dalam mengawali program tersebut  dimulai dari 4 desa sebagai proyek percontohan, yakni Desa Sumber Brantas, Desa Sumber Rejo, Desa Tulung Rejo dan Desa Pendem. Program tersebut  dialokasikan dengan hamparan meliputi air dan tanah  yang masing masing mencakup luas ±10-12 hektare, Program ini telah diperkenalkan pada para petani sejak tahun 2005 dan dijalankan sampai sekarang. Dari tahun ke tahun produksi sayuran dan padi untuk Kota Batu terasa mengalami peningkatan berarti dalam hal produk pertanian. Bisa dikatakan bahwasanya  program tersebut  cukup sukses.
Namun untuk mengawali program pengembangan kawasan organik tersebut para petani sendiri cukup takut dan kuatir rugi karena dinilai ada  ekosistem yang kurang mendukung dan beresiko tinggi. Dengan adanya kekhawatiran para petani, Dinas pertanian  juga menyediakan   rumah Kompos di hampir setiap Desa yang ada di Kota Batu seperti halnya Desa Oro-oro Ombo, Desa Gunung Sari dan Desa Pandan Rejo. Dan para petani sangat senang dan menanggapi dengan baik Program tersebut.
“Untuk Program ini, Dinas Pertanian tidak memungut biaya sepeser pun dari petani. Sifatnya hanya memfasilitasi dan untuk hasil dari pengelolaan sayuran dan padi tersebut semua dikembalikan untuk petani  dan untuk pengelolaan sepenuhnya juga diserahkan ke petani. Akan tetapi tetap di monitoring. Disamping itu petani harus berkomitmen, karena dalam program ini juga bertujuan untuk membentuk petani bisa mandiri“, ungkap Agung Ardi selaku kepala bidang Kultikultura Dinas Pertanian Kota Batu.
Dinas pertanian berharap program ini akan berkelanjutan karena sudah terbukti cukup efektif dalam mengangkat hasil produk pertanian Kota Batu yang merupakan kawasan penting pertanian di Malang Raya. (az)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Kemandirian Petani Kota Batu Ditunjang Program dari Dinas Pertanian"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA