Pelatihan Pembuatan Jamu Gendong Dan Penyerahan Bantuan Sosial

                  Madiun, SMN - Dalam rangka menumbuhkan semangat kewirausahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang beruntung dan mengurangi angka pengangguran, Selasa (27/9) bertempat di Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten, diadakan acara Pelatihan pembuatan jamu gendong dan sekaligus penyerahan bantuan sosial kepada peserta pelatihan. Adapun pelatihan ini diikuti sejumplah 75 orang terdiri dari perajin/ usaha jamu gendong  di wilayah kecamatan se Kabupaten Madiun.

Kegiatan  kali ini dihadiri oleh Ibu Ketua TP PKK Madiun Hj.Sri Purwanti Muhtarom SPd. MPd, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kab. Madiun, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Madiun, Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan juga nara sumber pelatihan keterampilan kewirausahaan.
Acara tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Bupati Madiun Nomor : 188.45/652/kpts/402.031/2011 tanggal 21 September 2011 tentang Penetapan Pemberian Bantuan Sosial berupa uang dan satu set alat masak kepada warga masyrakat yang mempunyai usaha pengusaha jamu gendong di Kabupaten Madiun tahun anggaran 2011. Melalui sambutannya, Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Madiun menjelaskan tujuan diadakan pelatihan kewirausahaan pembuatan jamu gendong antara lain;
1.      Pembinaan kemampuan dan keterampilan kerja bagi masyarakat yang mempunyai usaha jamu gendong secara bertahap di wilayah Kabupaten Madiun.
2.      Penguatan sarana dan prasarana kewirausahaan jamu gendong
3.      Penguatan ekonomi masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan, mengurangi pengangura, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pelatihan keterampilan dan pemberian bantuan social berupa permodalan sebagai rangsangan usaha
Masih dalam sambutannya, Ibu Ketua TP PKK menghimbau kepada peserta pelatihan agar setelah diadakan pelatihan keterampilan wirausaha jamu gendong ini kiranya dapat menjadi pelopor keberanian menanggung resiko (tidak mudah putus asa), mempunyai kreativitas, keteladanan dalam menangani usaha yang berpihak pada kemampuan diri sendiri.
Dalam kesempatan itu, Badan Pemberdayaan Masyarakat turut berperan  meningkatkan perekonomian warga masyarakat (kelopok wanita tani) dengan memberikan bantuan sosial berupa bantuan modal usaha untuk 60 orang dengan nilai  Rp. 9.000.000, dan bantuan 1 set alat masak pembuatan jamu gendong (masing-masing set alat masak terdiri dari 9 macam peralatan)  untuk 60 orang dengan nilai               Rp. 9.000.000. Total semuanya senilai Rp. 18.000.000.
Begitu juga Badan Ketahanan Pangan turut berpartisipasi dalam menggerakkan semangat wirausaha kelompok masyarakat kurang beruntung dengan cara menyerahkan bantuan sosial untuk 10 kelompok wanita tani sebesar Rp. 16.000.000 ditambah ditambah bantuan alat penepung berupa oven, parut dan gilingan untuk masing-masing kelompok tani.
Pihak panitia pelaksana menjelaskan bahwa biaya pelaksanaan pelatihan pembuatan jamu gendong dibebankan  APBD tahun 2011 sebesar Rp. 17.000.000 dan untuk dana bantuan social dibebankan belanja tidak langsung tahun anggran 2011 sebesar Rp. 18.000.000 Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Madiun.  (Sy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pelatihan Pembuatan Jamu Gendong Dan Penyerahan Bantuan Sosial"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA