Sugiri Sancoko Ngleluri Budaya Adiluhung


sugiri memainkan wayang sebelum diserahkan
kepada alang tanda dimulainya pagelaran wayang kulit
             Ponorogo, SMN - Wong Jowo sing ngerti Jowone, sebutan yang tepat kiranya untuk salah seorang anggota DPRD 1 Jawa Timur ini. Sugiri Sancoko yang berangkat dari DAPIL VII ini merasa memiliki akan budaya jawa yang memang sudah kondang tidak hanya seantero nusantara tapi benar-benar sudah mendunia. Selaku orang jawa yang terlahir di kota Ponorogo dimana semua sudah tahu dengan seni reyog, maka giri pun juga nampak serius dalam ngleluri senine wong Ponorogo yang satu ini.

Selain itu bertepatan dengan hari jadi propinsi Jawa Timur  dan bekerja sama dengan dinas kebudayaan tingkat I Jatim,pada hari jum’at (16/9) lalu dia mengadakan gelar budaya yang bertempat di lapangan Gelang Kulon,Kecamatan Sampung yaitu dengan menggelar wayang kulit semalam suntuk bersama dalang kondang  Ki Edi Siswanto yang berasal dari Jember.Dengan mengambil lakon “Kridaning Pamong Sejati” pagelaran wayang yang diawali dengan diadakanya pertunjukan seni reog Ponorogo, yang juga dimeriahkan beberapa lawak kondang Eko Tralala Srimulat, Priyo Aljabar, Luthfi (GALAJAPO) dan Agus Kuprit.

Sugiri berbaju warok beramah tamah
dengan Damanhuri,Abas Kuntoro
(Plt dinas Pariwisata Ponorogo) dan
Hadi Santoso Pemred Media Mataraman
Pagelaran wayang kulit yang diawali dengan rangkaian acara tersebut juga dihadiri oleh sekretaris Dinas Pariwisata Jawa Timur Sunarto Iskar. MM, pelaksana tugas Dinas Pariwisata Ponorogo, Asisten I Ponorogo Pudjo Santoso,beberapa anggota dewan Ponorogo dari partai democrat, Ketua Pepadi Ponorogo Ki Ipung Purbo Sasongko, Muspika Kecamatan Sampung dan juga warga sekitar.
 “Dalam Hari Jadi Propinsi Jawa Timur ini Dinas Pariwisata Jatim sengaja memilih wayang kulit selain memberikan hiburan kepada warga juga mununjukan bahwa wayang memang milik bangsa Indonesia dan telah diakui oleh dunia”,urai Sunarto Iskar sekretaris Dinas Pariwisata Jatim.
Sementara Giri Sancoko sangat mendukung dengan pagelaran seni budaya ini serta akan turut serta dalam uapaya mempertahankan dan pelestarian budaya yang adiluhung ini. ”Dewan akan membantu dan mendukng melalui dinas-dinas terkait agar masyarakat semakin merasa memiliki akan kesenian warisan leluhur”, tegas politikus yang juga telah meluncurkan album yang di garap bersama penyanyi kondang Didi Kempot. Selain itu dia juga menandaskan bahwa ekonomi yang berbasis budaya membutuhkan investasi yang sangat kecil,tapi justru akan menumbuhkan tingkat kemandirian dari masyarakat. (ars)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Sugiri Sancoko Ngleluri Budaya Adiluhung"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA