Bupati Jenguk Korban Kebakaran


Jombang, SMN - Pasca kebakaran hebat yang menghanguskan pabrik mebel UD Morodadi di Jalan Raya Soekarno Hatta Desa Kepuh Kembeng, Kecamatan Peterongan Jombang pada Jum’at (23/9/11) petang, siang harinya Bupati Suyanto bersama jajaran Pemkab menjenguk para korban. Terhitung sebanyak 21 korban mengalami luka bakar serius hingga grade 2 atau lebih dari 50 persen yakni terbakar hingga lapisan kulit dalam.
Untuk kategori grade 1 atau luka bakar ringan dibawah 50 persen, korban masih ditangani di RSUD Jombang. “Seluruh korban harus mendapat penanganan yag terbaik,” kata Suyanto saat menjenguk korban di Ruang Instalasi Bedah RSUD Jombang, Sabtu (24/9/11) siang. Jika perlu, lanjutnya, korban dirujuk ke RSU Dr Soetomo bila kondisinya tak kunjung membaik.
Disinggung mengenai UD Morodadi yang tak mengasuransikan sekitar 90 karyawannya, Suyanto akan mencermati lebih lanjut. “Kita akan lihat dulu dimana letak kesalahannya, baru akan kita ambil tindakan, minmal pembinaan,” tegasnya. Pemkab tak mau terburu-buru untuk memvonis sebelum mempelajari kasusnya.
Hingga saat ini sebanyak 7 korban telah dirujuk ke RSU Dr Soetomo Surabaya karena kondisinya memburuk.  Ketujuh orang yang dirujuk ke RSU Dr Soetomo antara lain Ratna (34), warga Desa Tunggorono, Iswahyudi (17), Dusun Gondek Desa Jambu, dan lima korban dari kecamatan Peterongan yakni  Zulaikah (31), Atik Sugiati (23), Lilik Sugiati (27), Jumiati (23), serta Imam Soleh (22).
“Yang paling parah dengan luka bakar 75 persen dengan kondisi kritis semalam langsung dirujuk ke Surabaya karena sudah kritis, malam  harinya kita rujuk lagi 4 korban karena trauma hebat dan sesak napas, dan pagi tadi 2 korban kita kirim lagi, jadi total 7 orang korban,” terang dr.Puji Umbaran Wakil Direktur RSUD Jombang, Sabtu (24/9/11) siang.
Kondisi terakhir hingga Sabtu siang, keempatbelas korban masih dalam perawatan intensif di RSUD Jombang. Dari jumlah tersebut, 4 korban sedang diobservasi. Jika kondisinya memburuk, secepatnya akan dirujuk ke RSU Dr Soetomo. “Kondisinya masih kita pantau saat ini,” tambah dr. Puji.
Malam kemarin, rombongan Wabup terlebih dahulu menjenguk para korban. "Kami prihatin atas tragedi ini, semoga semua dapat diatasi," kata Widjono Jumat (23/9/2011) malam. Dalam kasus ini, Wijono berpesan kepada tim medis untuk bekerja cepat menangani korban.
Rata-rata seluruh korban mengalami luka bakar di bagian wajah dan tangan. Salah satu petugas PMK (Pemadam Kebakaran) Jombang pun turut jadi korban. Seluruh korban saat ini dipindahkan dari ruang UGD ke ruang instalasi bedah dengan ruang yang lebih steril dan bersih. (Puji/Tim)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Bupati Jenguk Korban Kebakaran"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA