Lambatnya Aliran Dana Bos, SMP Swasta se-Kabupaten Malang Menjerit

Suntoro, S.Pd, M.Pd
            Malang, SMN - Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP Swasta di Kabupaten Malang nampak terkesan molor dalam pencairannya. Hal ini di sebabkan sistem dan aturan dari Pemda yang semakin rumit. BOS yang seharusnya diterima tepat waktu oleh seluruh SMP baik negeri dan Swasta khususnya di lingkungan pendidikan Kabupaten Malang setiap tiga bulan sekali, namun dalam pencairannya bisa molor sampai 4 bulan. Sangat di sayangkan terutama bagi SMP swasta.

Hal tersebut dibenarkan Suntoro, S.Pd, M.Pd selaku wakil Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta se-Kabupaten Malang yang juga sekaligus sebagai Kepala SMP Diponegoro Tumpang, ketika di temui SMN usai acara halal bi halal MKKS yang bertempat di rumah makan Azaria pada 17 September yang lalu. ”Semua Kepala Sekolah Swasta dalam mengolah dana BOS sudah semaksimal mungkin, secara transparan, namun masih ada kendala dari DIKNAS “, Keluh suntoro.
Padahal BOS dan dana bantuan dari Pemerintah untuk sekolah swasta khususnya SMP sangat diperlukan, ”hampir seluruh SMP swasta, untuk penggunaan dana BOS, 80% dari dana tersebut digunakan untuk pembayaran gaji Guru dan untuk mendapatkan dana tersebut birokrasinya masih berbelit-belit. Jika dibandingkan dengan tahun lalu dengan tahun sekarang, untuk pencairan dana tersebut lebih cepat tahun sebelumnya “, tandasnya.
Padahal permasalahan ini pernah sudah dibahas dengan DPRD, dalam hal ini yang menangani adalah komisi B, namun masih tetap saja hasilnya bermuara di Dinas Pendidikan yang sampai saat ini belum ada realisasinya. Diharapkan Pemda bersama Dinas Pendidikan turun langsung tanpa melalui perwakilan untuk melihat keadaan SMP Swasta di Kabupaten Malang  agar bisa melihat secara lansung kendala yang terjadi di SMP Swasta  Kabupaten Malang.
Karena Dana BOS dan dana bantuan dari Pemerintah untuk sekolah swasta khususnya SMP sangat diperlukan, ”hampir seluruh SMP swasta, untuk penggunaan dana BOS, 80% dari dana tersebut digunakan untuk pembayaran gaji Guru akan tetapi untuk mendapatkan dana tersebut birokrasinya masih berbelit-belit. Demi kelancaran proses belajar mengajar suntoro berharap kedepan dalam pencairan dana bos bisa tepat waktu sehinnga dapat lebih meringankan beban yang selama ini di alami oleh SMP swasta dalam hal administrasi. Jika nanti memang dalam pelaksanaan pencairan Dana BOS betul-betul terealisasi dengan tepat waktu seperti pada SMP  Negeri tentu tidak ada kecemburuan sosial. (jun)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Lambatnya Aliran Dana Bos, SMP Swasta se-Kabupaten Malang Menjerit"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA