Pengerjaan Proyek Jalan Wonoayu Diduga Salahi Teknis



SIDOARJO, SMN - Pekerjaan di ruas jalan Wonoayu Pagerngumbuk di wilayah kecamatan Wonoayu oleh rekanan pemda Sidoarjo diduga menyalahi teknis pekerjaan yang telah ditentukan. Dalam pekerjaan pembangunan penahan dan pelebaran jalan sekitar 1 meter disisi timur, rekanan bina marga di paket tersebut lebih menonjolkan cara manual dari pada menggunakan alat.

Kepala bidang pemeliharaan dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Yunan Khoiron mengatakan pekerjaan itu sudah sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan. Dalam pemasangan plengsengan sebagai penahan jalan di sisi timur itu memang dilaksanakan manual, tidak pakai mesin molen.
Untuk pelebaran, setelah dilakukan penggalian,diberi uruk sirtu yang harus dipadatkan sebagai landasan. Setelah itu,baru dilakukan pengecoran,ujar Yunan. Pengamatan di lapangan, dalam pekerjaan dengan pagu semilyar lebih itu,dalam pelaksanaan pencampuran matrial pasangan menggunakan tenaga manusia atau manual.Andai saja teknis pekerjaan tak menggunakan mesin molen, untuk  apa rekanan mendatangkan mesin aduk ke lokasi proyek.Apakah hanya untuk hiasan atau  persiapan bila ada pengawasan dari dinas.
Selain itu, sebelum dilakukan pengecoran,sirtu untuk landasan hanya diratakan oleh para pekerja tanpa pemadatan dan langsung dilakukan pengecoran. Menyikapi hal tersebut, Yunan mengaku belum tahu  bila tanpa ada pemadatan untuk sirtu landasan."Terima kasih atas informasinya dan akan kita cek lapangan",ujarnya. Kalau untuk spesi pekerjaan penahan jalan dilakukan manual secara teknis gak masalah,ujar kepala dinas PUbina marga,Sigit S melalui telepon selulernya. (gus)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "Pengerjaan Proyek Jalan Wonoayu Diduga Salahi Teknis"


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA