Kades Pakel Kec Watulimo Diduga Lakukan Pungli Prona 2012

TRENGGALEK, SMN - Proyek operasi nasional agraria (prona) di Kabupaten Trenggalek untuk tahun 2012 terserap kurang lebih 3500 bidang yang tersebar di 12 desa. Prona merupakan program pemerintah (sertifikat gratis) yang sudah di subsidi oleh Pemerintah termasuk pendataan, pengukuran, blanko sertifikat.

Tujuan pemerintah dengan adanya program Prona untuk membantu msyarakat miskin, supaya masyarakat bisa mempunyai bukti kepemilikan tanah yang sah. Salah satu desa yang mendapatkan Prona adalah Desa Pakel Kec. Watulimo Kab. Trenggalek yang menerima 100 bidang dengan biaya per bidang Rp. 350.000. sehingga di desa Pakel ini biaya Prona terkumpul 35 Juta. Yang menjadi pertanyaan masyarakat, “apakah untuk pembelian pathok dan materai menghabiskan uang 35 juta, apakah biaya itu bisa terserap habis untuk operasional, atau di korupsikah uang tersebut?”.
Pemohon Prona yang mengaku bernama WTR saat dikonfirmasi Suara Media menjelaskan bahwa untuk Ketua Prona langsung Kepala Desa dan dia juga menjelaskan bahwa ia ikut dua bidang tanah dengan biaya 700 ribu dan dibayar langsung ke Kades. Jadi pak Lurah lah yang menangani Prona ini, tuturnya.
Tidak itu saja, WTR juga menyampaikan untuk pembuatan pathok juga di handel oleh keponakan Kades dengan biaya 4 pathok 50 ribu. Jadi pak Kades itu juga Ketua Prona, Bendahara, dan saya berharap Dinas terkait klarifikasi ke Desa Pakel terkait dugaan pungli yang dilakukan oleh Kades kami, biar masyarakat tidak dibodohi dan program Pemerintah yang masuk ke Pakel bisa transparan dan bisa dinikmati masyarakat miskin, karena untuk uang 350 ribu, bagi masyarakat miskin harus jualan kambing. Yang lebih heran lagi kenapa di desa lain biaya 200 ribu bisa cukup untuk pengurusan Prona.
Kades Pakel, Parlin saat dikonfirmasi Suara Media terkait biaya Prona menjelaskan 350 ribu per bidang digunakan untuk pembelian pathok, materai dan konsumsi petugas ukur. Bersambung… (rud)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

1 Response to "Kades Pakel Kec Watulimo Diduga Lakukan Pungli Prona 2012"

  1. Anonymous Says:
    September 15, 2018 at 8:37 PM

    Sumbernya dari mana ya? Jangan asal fitnah


KLINIK KANG JANA

KLINIK KANG JANA